Mahasiswa Magang Promosi Kesehatan Unhas Ikuti Pembinaan Kelompok BKB

FAJAR Pendidikan

Balai Penyuluh KB Kecamatan Manggala bersama dengan mahasiswa magang departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) FKM Unhas melakukan kegiatan pembinaan kader dan anggota Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) dan penyuluhan PHBS dalam menurunkan angka Stunting, Senin (26/9).

Kegiatan ini dilaksanakan disalah satu rumah warga di RW 04 Kelurahan Manggala dan dihadiri oleh 14 peserta penyuluhan.

Dalam upaya penurunan angka stunting perlu di-pahamkan kepada kader dan anggota Kelompok BKB mengenai pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

BACA JUGA :   Dr dr Bachtiar Baso Resmi Dilantik Jadi Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa

1000 HPK adalah masa terpenting dalam masa perkembangan dan pertumbuhan anak, sehingga diperlukan pemenuhan gizi yang baik untuk memperbaiki tumbuh kembang anak di masa mendatang.

Materi pokok yang disampaikan melalui metode ceramah berupa 1000 HPK yang dibawakan oleh Ibu Hasnawati, SKM MKes, dan materi tambahan berupa PHBS tatanan Rumah Tangga yakni Aktifitas Fisik yang dibawakan oleh mahasiswa magang dalam kegiatan ini adalah Novena Maylania dan Febriyanti Zefanya Maengkom.

BACA JUGA :   Peringati Puncak Dies Natalis ke 40, FKM Unhas Adakan Lomba Mewarnai Tingkat TK dan SD

Aktivitas fisik berupa kegiatan olahraga yang sebaiknya dilakukan kurang lebih 30 menit tiap harinya, seperti mengerjakan pekerjaan rumah, membersihkan rumah dan bermain bersama anak-anak.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi diskusi tanya jawab dari peserta penyuluhan yang antusias dalam memberikan pertanyaan mengenai PHBS dan 1000 HPK.

“Anak yang cerdas dimulai dari kecukupan gizi di masa 1000 hari pertama kehidupannya,” ungkap Hasnawati, SKM MKes selaku penyuluh dari balai penyuluh KB Kecamatan Manggala.

Bagikan:

Pilihan

BACA JUGA

- ADV D1 -

TERPOPULER