Mahasiswa PBL III FKM Unhas Gelar Evaluasi Intervensi Edukasi Kesehatan KB

FAJAR Pendidikan

Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) III, Posko 20 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan kegiatan evaluasi intervensi edukasi kesehatan tentang Keluarga Berencana (KB) yang disertai pemberian flyer terkait “Metode Kontrasepsi.”

“Kami mendatangi 8 rumah ibu-ibu yang termasuk pasangan usia subur (PUS) dan ibu hamil.

Mereka menyambut baik kedatangan kami di rumahnya masing-masing,” ujar Asmaul sebagai Koordinator Desa Posko 20.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi apakah Penyuluhan KB yang pernah dilakukan berhasil dapat meningkatkan edukasi masyarakat terkait Keluarga Berencana (KB).

BACA JUGA :   Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Pra-Lokakarya Penyesuaian RPS dengan Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif

Kegiatan evaluasi yang dilaksanakan ini menggunakan metode door to door dimana mahasiswa mendatangi rumah warga Desa Kadatong yang sebelumnya telah mengikuti kegiatan Penyuluhan KB pada PBL II yang bertempat di Posyandu Mawar II Desa Kadatong, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar. Evaluasi disertai pembagian flyer tentang metode kontrasepsi.

Adapun isi konten dari flyer tentang “Metode Kontrasepsi’ yaitu adanya gambar alat-alat KB yang disertai persentase keefektifan-nya, nama alat-alat KB beserta singkatan-nya, jangka waktu penggunaan alat dan pemakaiannya, serta target dari alat-alat KB tersebut.

BACA JUGA :   Prodi S2 Kesling FKM Unhas Gelar Asesmen Lapangan Daring

Semua informasi tersebut cukup dapat membuat masyarakat paham dan mampu mengingat kembali dasar-dasar dari metode kontrasepsi.

Walaupun kegiatan ini dilaksanakan di rumah setiap warga Desa Kadatong. Tetapi mahasiswa tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu penggunaan masker.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI