Takalar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Senin pagi, tepatnya 16 Desember 2019, Mahasiswa PBL Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) Posko 6, Desa Massamaturu, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar menggelar gerakan “Desa Peduli TB” sebagai langkah kecil menuju Indonesia bebas TB.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Massamaturu yang terletak di Dusun Bulu’bumbung I yang dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dan warga setempat

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi tentang penyakit TBC kepada tokoh-tokoh masyarakat dan persetujuan serta komitmen untuk mendukung berlangsungnya kegiatan ini yang ditandai dengan penandatanganan bersama.

Tujuannya ialah, agar masyarakat juga ikut tergerak untuk mau mendukung “Desa Peduli TB.”

“Desa Peduli TB merupakan sebuah gerakan yang mengajak masyarakat untuk sadar, peduli, dan lebih peka dengan keberadaan penyakit menular tuberkulosis atau yang lebih dikenal dengan sebutan TBC, yaitu dengan masyarakat mau memeriksakan diri  ke pelayanan kesehatan dan mau menjalani pengobatan bagi penderitanya, serta tidak ada diskriminasi ataupun penguculan penderita TBC di masyarakat,” terang Rini Anggraeni, SKM., MKes. supervisor posko 6.

Baca Juga :   Kuliah Tamu, FKM Unhas Hadirkan Guru Besar Ehime University Japan

Tahap lanjutan dari program ini ialah akan dilakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat tentang penyakit TBC.

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Posko 6 mengucapkan terima kasih kepada supervisor, Rini Anggraeni, SKM., MKes., Pemerintah Desa Massamaturu, masyarakat, dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Deby Karmila Musakkar
Mahasiswa FKM Unhas melaporkan dari Kabupaten Takalar.