Mahasiswa PBL II FKM Unhas Beri Penyuluhan dan Pemasangan Papan Wicara Pentingnya PHBS Sekolah

FAJAR Pendidikan

Mahasiswa S1 program studi kesehatan masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melakukan kegiatan penyuluhan pentingnya Perilaku Bersih Hidup Sehat (PHBS) di tatanan sekolah.

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk intervensi dari Pengalaman Belajar Lapangan 2 (PBL) oleh anggota Posko 7 Desa Kalenna Bontongape yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai PHBS.

Penyuluhan ini sendiri berlokasi di Yayasan Tahfidz dan Rumah Yatim Al-Fatih, Takalar yang dilaksanakan pada 2 waktu, yakni pada tanggal 10 Januari 2022 dan 13 Januari 2022.

BACA JUGA :   Nahkoda Baru, LPPM Unifa Siap Bangun Sinergi dan Kolaborasi Meningkatkan Kinerja Riset dan PKM

Penyuluhan ini dilakukan dengan media alternatif permainan ular tangga, dengan adanya permainan ular tangga ini, diharapkan dapat menstimulasi para siswa untuk menerapkan PHBS.

FKM Unhas

Karena metode ini akan membawa siswa untuk belajar sambil bermain, yang akan membawa rasa gembira sehingga menimbulkan rasa antusias untuk proses pembelajaran.

Menurut Indriasih (2015) permainan edukatif seperti media ular tangga dapat membentuk kemandirian siswa dan dengan cara ini siswa dituntut untuk belajar menyelesaikan masalah dalam pelaksanaan praktik PHBS dengan pola learning by doing.

Kegiatan selanjutnya adalah pemasangan papan wicara PHBS sekolah oleh seluruh anggota posko 7 yang didampingi oleh tenaga pengajar dari Yayasan Tahfidz dan Rumah Yatim Al-Fatih.

BACA JUGA :   Mahasiswa KKN Tematik Unhas Posko 4 Desa Panaikang Gelar Edukasi Pencegahan Anemia Remaja di SMP 1 Pattallassang

Papan wicara tersebut berisikan tentang 8 Indikator PHBS. Dengan pemasangan papan wicara ini diharapkan para siswa Yayasan Tahfidz dan Rumah Yatim Al-Fatih dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI