ADV A1

Mahasiswa PBL II FKM Unhas Lakukan Seminar Akhir di Desa Campagaya

FAJAR Pendidikan

Anggota Posko 04 Campagaya Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan kegiatan “Seminar Akhir PBL II” di Kantor Desa Campagaya, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar.

Kegiatan seminar akhir tersebut dihadiri oleh Amri selaku Kepala Desa Campagaya, imam desa, perwakilan karang taruna, dan masyarakat Desa Campagaya.

Kegiatan ini diawali dengan laporan Koordinator Desa Jennifer Irene Amorita Hadiono dan dilanjutkan dengan sambutan Supervisor Posko 04 Campagaya Dr Wahiduddin, SKM., MKes.

Dalam sambutannya ia mengucapkan terima kasih kepada perangkat Desa Campagaya yang telah berkenan untuk menerima anggota posko 04  dan membantu dalam kegiatan intervensi yang dilakukan di Desa Campagaya.

Selanjutnya anggota Posko 04 memaparkan terkait dengan hasil kegiatan intervensi fisik dan non fisik yang telah dilaksanakan di Desa Campagaya.

Berikut intervensi fisik yang telah dilaksanakan yaitu pemasangan papan wicara di daerah desa mengenai SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

BACA JUGA :   Mahasiswa KPI UIN Alauddin Raih Juara I Duta GenRe Sulsel 2022

Sementara itu intervensi non fisik yang telah dilakukan yaitu penyuluhan ASI Ekslusif dan intervensi terkait BBLR (Berat Badan Lahir Rendah), serta membahas tentang dampak rokok bagi kesehatan karena salah satu masyarakat menanyakan terkait konsumsi rokok dan dampaknya bagi Kesehatan.

Sementara ini dari Posko 04 menjawab pertanyaan tentang mengenai rokok tersebut yaitu memberikan nasehat kepada perokok aktif serta memberitahukan tempat khusus bagi perokok aktif.

Berdasarkan indikator Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga salah satunya ialah larangan merokok di dalam rumah.

Larangan merokok di dalam rumah sangat membahayakan anggota keluarga lainnya yang tidak merokok.

Mengingat perokok pasif dapat mengalami dampak yang cukup berat apabila terpapar asap roko dibandingkan perokok aktif  Dalam kegiatan edukasi terkait rokok seluruh  masyarakat Desa Campagaya tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

BACA JUGA :   HMJ TI UIN Alauddin Gelar Program Smart Kampung di Sinjai

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta penyuluhan yang memberikan pertanyaan pada saat kegiatan berlangsung.

Disamping itu, seluruh mahasiswa PBL II Posko 04 Desa Campagaya turut membantu pelaksanaan program vaksinasi di Desa Campagaya.

Selain itu terdapat saran dan masukan dari beberapa masyarakat, untuk kedepannya lebih interaktif dengan masyarakat dan melibatkan karang taruna dalam pelaksanaan kegiatan. Agar mereka juga tahu terkait program kerja serta penyuluhan yang dilakukan.

Adapun anggota dari Posko 04 Desa Campagaya yakni Jennifer Irene Amorita Hadiono, Mirna Milawati, Nurul Fibriani, Rahmat Ramadhan, Andi Fadila A. , Nur Rahmah dan Nadhila Aziz.

Diharapkan program intervensi yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II Posko 04 Desa Campagaya dapat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Campagaya, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI