Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Sebanyak 54 mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pembelajaran lapangan mata kuliah kewirausahaan dengan mengunjungi Kampong Kopi Bawakaraeng, di Desa Pallantikang, Pattallassang, Gowa, Selasa, 10 November 2019.

Dalam kegiatan pembelajaran lapangan itu, mahasiswa melihat langsung proses pengolahan biji kopi yang baru dipetik, sampai proses akhir menjadi bubuk kopi yang siap seduh.

Dosen pembimbing mata kuliah kewirausahaan, Dr Burhanuddin menjelaskan, mahasiswa yang melihat langsung industri pengolahan kopi ini merupakan bagian dari mata kuliah kewirausahaan.

“Mata kuliah kewirausahaan sebagai salah satu mata kuliah wajib di UNM. Makanya kita sedari dini mengajarkan mahasiswa bagaimana memulai usaha, dengan mendatangi Kampong Kopi Bawakaraeng ini kita harap wawasan mahasiswa untuk berwira usaha semakin besar,” kata Burhanuddin.

Menurutnya, mahasiswa UNM juga dididik agar mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Apalagi, industri kopi dinilai memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Baca Juga :   Gandeng Unhas, Kemenristekdikti Gelar Forum Inovasi Industri Pangan dan Kesehatan

“Sehingga mahasiswa memiliki bekal untuk berwirausaha, tak hanya melulu menjadi PNS. Kalau mereka bisa menjadi wirausahawan dan mempekerjakan banyak orang, tentu merupakan hal yang baik,” jelas pria yang akrab disapa Pak Bur itu.

Mahasiswa mendapat pemaparan pengolahan kopi langsung dari pengelola Kampong Kopi Bawakaraeng, Awaluddin. Awaluddin menjelaskan, pengolahan kopi dari hulu ke hilir. Dari pembibitan, pemasaran hingga penyajian.