Mahasiswa STIP YAPI Bone KKN di 7 Instansi Pemerintah

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) YAPI Bone kembali melaksanakan pelepasan mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), di Kampus STIP YAPI Bone Jalan Yos Sudarso Watampone, Senin 2 Maret 2020.

KKN STIP YAPI Bone kali ini, diikuti mahasiswa/i dari tiga Pogram Studi, yakni S1 Agroteknologi, S1 Agribisnis dan S1 Agrobisnis Perikanan. Mereka adalah mahasiswa angkatan IX STIP YAPI Bone Tahun Akademik 2019/2020.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Tahun ini, Mahasiswa KKN STIP ditempatkan di tujuh instansi di Kabupaten Bone. Yakni, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, UPT Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Peternakan, Dinas Kehutanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Lingkungan Hidup.

BACA JUGA:  Mahasiswa Departemen Manajemen Rumah Sakit FKM Unhas Laksanakan Seminar RS Islam Faisal Makassar

Humas STIP YAPI Bone Jumardi, S.Pd, M.Kes menjelaskan, KKN merupakan program intrakurikuler yang harus dilaksanakan oleh para mahasiswa program S1 STIP YAPI Bone. Pelaksanaanya, bersifat interdisipliner dan sekaligus pengintegrasian antara kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Melalui KKN mahasiswa dihadapkan secara langsung kepada masyarakat yang memungkinkan berlangsungnya sifat saling belajar dan membelajarkan antara keduanya,” jelasnya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Lebih lanjut, Jumardi mengatakan, KKN merupakan mata kuliah wajib, yang tercantum dalam kurikulum STIP YAPI Bone, dan harus ditempuh oleh semua mahasiswa program strata 1 (S1). Mata kuliah KKN disiapkan dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa melalui pengalaman riil di masyarakat.

BACA JUGA:  Mahasiswa Departemen Manajemen Rumah Sakit FKM Unhas Laksanakan Seminar RS Stella Maris Makassar

Dengan pengalaman tersebut, mahasiswa diharapkan mendapatkan kemampuan generatif yang berupa life skills (kecakapan hidup) seperti kemampuan berpikir dan bernalar secaraanalitik, berdasarkan sumber empirik dan realistik, agar dapat merancangdan melaksanakan program, membantu mengatasi permasalahan yang ada, bekerja sama dengan orang lain, mengatur diri sendiri, dan melatihketerampilan dalam bekerja.

“Dengan demikian, mereka akan mendapatkan wawasan, pengalaman, dan keterampilan dalam bermasyarakat, sebagai nilai tambah selama menempuh kuliah di STIP YAPI Bone,” tutupnya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Reporter: Abustan

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA

TERKINI

- Advertisment -

BACA JUGA