Seminar Series, FKM Unhas Hadirkan Pembicara dari Melbourne University of Australia

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar seminar series pada hari Senin (15/5) di ruang Kandow Lt. 2 FKM Unhas yang dihadiri oleh kurang lebih 30 mahasiswa FKM Unhas dari berbagai jenjang pendikan S1, S2 dan S3.

Seminar series ini merupakan program FKM dengan membawa pembicara dari luar negeri. Kali ini FKM Unhas mengundang Heather Suttor kandidat Ph.D Melbourne University.

Seminar ini dimoderatori oleh Daniella C. Sampepajung, SE, MSc dengan mengangkat tema “The Use and influence of Menstrual Cycle Tracking and Menstrual Health Education Apps Among Girls in Bali, Indonesia”.

- Iklan -
Baca Juga:  IAIN Bone kembali 'Panen' Guru Besar, Kini Total 9 Gubes

Dekan FKM, Prof. Sukri Palutturi, Ph.D mengapresiasi berjalannya seminar ini.

Kedatangan Heather pada seminar ini adalah untuk penelitiannya yang terkait dengan uji coba pada Oky apps, yakni aplikasi menstrual kolaboratif dari Unicef, Melbourne University, Unhas dan KISARA Bali.

“Ada 85 menstrual apps yang dapat diunduh hingga Juni 2020 yang prediksinya berdasarkan algoritme data pengguna,” jelas Heather.

- Iklan -

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dari penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana kegunaan dari aplikasi Oky apps ini dan butuh lebih banyak evidence lagi.

Baca Juga:  Abd Mujib Motivasi Dosen IAIN Bone Capai Gelar Guru Besar

Pada kesempatan yang sama, Heather membagikan hasil penelitiannya dengan remaja perempuan di Bali yang terdiri atas beberapa grup dengan kisaran umur 13-17 tahun.

- Iklan -

Adapun challenge yang dihadapi selama mengumpulkan data ialah seperti partisipan yang tidak familiar dengan Oky apps, lingkungan yang berisik dan panas, dan sulitnya memahami keseharian partisipan.

Peserta seminar kemudian merespon materi yang telah dipaparkan dengan mengajukan ide dan gagasan serta pertanyaan yang kemudian dijawab oleh narasumber.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU