Mahasiswa Unim Bone PLP di 24 Sekolah Rekomendasi Kacab Dinas

FAJAR Pendidikan

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Ratusan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah (Unim) Bone melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I dan II di 24 sekolah di Kabupaten Bone. PLP I dilaksanakan selama 2 minggu sedangkan PLP II selama 2 bulan kedepan.

Hal tersebut dilaksanakan pasca dilakukan pembekalan Pengenalan PLP l dan ll kepada mahasiswa pada tanggal 10-11 Februari 2021 lalu. Sedangkan proses penerimaan PLP l dan PLP ll dilakukan pada Senin 22- 23 Februari 2021 di 24 sekolah.

Wakil Rektor l Unim Bone, Dr. Muh. Safar, M. Pd mengatakan, pasca pembekalan, maka selanjutnya akan dilakukan implementasi berupa ke lapangan atau ke sekolah yang telah direkomendasikan oleh Kepala Cabang (Kacab) Dinas Wil III. Sebanyak 172 orang peserta PLP l ditempatkan di 11 sekolah. Sementara PLP ll berjumlah 182 di 13 Sekolah.

BACA JUGA :   Pelaksanaan Seminar Awal Mahasiswa PBL I FKM Unhas Posko 20 di Kantor Kelurahan Mangallekana

Pelaksanaan PLP l, lanjutnya, dilaksanakan selama 2 minggu. Selama 2 minggu, mahasiswa melakukan berbagai kegiatan seperti pengenalan kultur sekolah yang meliputi implementasi visi-misi sekolah, implementasi peraturan sekolah dan kegiatan akademik sekolah. Selain pengenalan kultur sekolah, mahasiswa di PLP l juga harus melakukan pengenalan kepada peserta didik dan jati diri guru.

“Berbeda halnya dengan PLP ll yang dilaksanakan selama 2 bulan yaitu Februari sampai April 2021. Selama ber PLP ll sebagai asisten guru. Setelah mahasiswa mengikuti kegiatan PLP ll mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan tingkat tinggi melalui berbagai kegiatan,”jelas Dr. Muh. Safar kepada FAJAR PENDIDIKAN, Rabu (24/2/2021).

BACA JUGA :   Unibos dan PPSDM Sepakat Terbitkan Sertifikat Pendamping Ijazah

Safar menambahan, diantaranya kegiatan PLP ll yakni menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran, menelaah strategi pembelajaran, menelaah sistem evaluasi, membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi, menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Selain itu, latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing, melaksanakan tugas pendampingan peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler dan membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administrasi guru.

Reporter : Abustan

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI