Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Terus Gali Potensi Dan Beri Pengaruh Besar Buat NKRI

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober telah diperingati sejak tahun 1978. Ya, setelah 50 tahun berlalu dari Kongres Pemuda II, baru Hari Sumpah Pemuda diperingati secara nasional.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda merujuk pada Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928 sebagai salah satu upaya untuk meraih kemerdekaan. Memaknai hari sumpah pemuda tentu bukan hanya upacara seremonial belaka, lantas seperti apa makna sumpah pemuda bagi pelajar.

Menurut Emilia Syaikhah siswi yang duduk di kelas XI IPA 1 SMA Islam Athirah Bukit Baruga tersebut memaknai hari sumpah pemuda sangat penting bagi para pelajar khususnya agar menumbuhkan sikap nasionalisme dan cinta tanah air.

- Iklan -
Baca Juga:  BERITA FOTO: Panen Karya P5 UPT SPF SMPN 4 Makassar

“Karena hari sumpah pemuda memberitahukan kepada kita semua rakyat Indonesia, bahwa kita harus memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia, mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa indonesia yang sudah dengan susah payah di perjuangkan oleh pahlawan kita dulu, dan kemudian menerapkan sikap bhineka tunggal ika dalam kehidupan sehari-hari,”ujarnya, Rabu (28/10/2020).

Lebih lanjut, Wakil Ketua OSIS yang baru saja terpilih tersebut mengatakan sebagai generasi milenial harus bisa menjadi pemuda-pemudi harapan bangsa.

Baca Juga:  Orang Tua Terpukau oleh Pementasan Drama Cerita Rakyat SMP Islam Athirah Bukit Baruga

“Dapat meneruskan cita-cita bangsa ini serta menjadi pemuda-pemudi milenial yang dapat menggali potensi sehingga dapat memberikan kontribusi dan memberi pengaruh besar bagi Indonesia,” ucapnya.

- Iklan -

Sementara itu, Alvia Ilyas Ketua OSIS SMA Islam Athirah Bukit Baruga periode 2019-2020 mengatakan Sumpah Pemuda di masa kini adalah untuk melestarikan persatuan di antara pemuda dan masyarakat Indonesia.

“Apalagi di masa pandemi saat ini, Sumpah Pemuda juga dapat mengingatkan masyarakat kembali bahwa di masa lalu persatuan bukan hal mudah,” tutupnya.

Citizen Reporter: Muhammad Syafitra

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU