Membuat Resolusi Sudah Ada Sejak Mesopotamia Kuno lho, Ini Sejarahnya

Tak hanya pesta kembang api, perayaan tahun baru juga selalu diiringi dengan resolusi yang dibikin setiap orang. Berjanji untuk melakukan yang lebih baik di tahun depan dengan membuat resolusi tahun baru ternyata sudah ada sejak zaman Mesopotamia kuno.

Di Babilonia Kuno, warga membuat resolusi lisan pada bulan Maret (waktu tahun baru zaman dahulu), selama Festival Tahun Baru 12 hari mereka.

Baca Juga:  Mengenal Hedy Lamarr, Sosok Berjasa Terciptanya Teknologi Wifi

Resolusi tersebut tidak diambil hanya untuk perbaikan diri tapi mereka harus membuat sumpah kepada raja yang duduk (atau baru), dan dianggap penting untuk menjaga kerajaan agar tetap disukai para dewa.

- Iklan -

Selain itu, bangsa Romawi juga memiliki tradisi bersumpah setia kepada kaisar pada bulan Maret (waktu tahun baru dahulu), ketika tahun baru mereka dimulai.

Baca Juga:  Inilah 10 Daftar Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup hingga Kini

Meskipun tradisi Romawi ini tidak secara langsung diterjemahkan ke dalam resolusi tahun baru, tapi pada tahun 1740-an, gereja Metodis memiliki praktik mengadakan kebaktian pembaruan pada 31 Desember.

Kebaktian tersebut menawarkan kesempatan kepada orang-orang untuk melihat kembali tahun yang telah berlalu dan memperbarui mereka untuk berkomitmen kepada Tuhan.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU