Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Pelaksanaan  “Olimpiade PPKn IX” yang rencana berlangsung pada 28-29 Maret mendatang, ditunda hingga 17-19 April 2020 di kampus UNM Gunung Sari Makassar.

Dengan mengangkat tema “Merajut Kebhinekaan dan Menumbuhkan Nasionalisme melalui Olimpiade PPKn IX”, Himpunan Mahasiswa Jurusan PPKn FIS UNM dan menjadikan siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat Se-Sulawesi sebagai sasaran peserta dengan berbagai cabang lomba yakni Cerdas Cermat, Debat Konstitusi, Pidato Kebangsaan, KTI dan Akustik Kebangsaan. 

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan No. 440/1972/B.um. UM 2020 tentang pencegahan virus COVID-19 dan surat edaran dari Rektor Universitas Negeri Makassar Nomor: 773/UN36/TU/2020 Tentang Peningkatan  Kewaspadaan terhadap pencegahan Penyebaran COVID-19 (Coronavirus Disease-19) Lingkungan Universitas Negeri Makassar, maka penundaan dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi yang ada.

Oleh karena itu, Muhammad Khoidir selaku Ketua Panitia menyampaikan permintaan maafnya karena ditundanya Olimpiade PPKn IX ini.

Baca Juga :   Kembangkan Kualitas Gugus Fakultas, BPMI Unibos Gelar Pelatihan

“Berdasarkan dari beberapa pertimbangan dan saran dari para dosen maka kami dari Panitia Olimpiade PPKn IX sepakat untuk menunda pelaksanaan kegiatan ini, adapun jika terjadi perubahan waktu akan disampaikan selanjutnya dengan mempertimbangkan kondisi kendalanya. Saya mewakili seluruh panitia memohon maaf khususnya kepada seluruh SMA/SMK/MA sederajat se-Sulawesi atas penundaan pelaksanaan Olimpiade PPKn IX, semoga keadaan segera membaik dan bumi kita segera terbebas dari virus COVID-19 atau Corona,”  ucap Muhammad Khoidir saat diwawancarai di kampus UNM Gunung Sari Makassar.

Dr. Imam Suyitno, M.Si selaku Ketua Jurusan PPKn FIS UNM berharap agar penundaan kegiatan ini tidak mengurangi antusias peserta dari SMA/SMK/MA se-Sulawesi untuk ikut serta dalam kegiatan Olimpiade PPKn IX ini.

“Mari bersama kita internalisasikan rasa Nasionalisme dan Pancasilaisme sebagai wujud dari aktualisasi pendidikan kewarganegaraan terhadap generasi muda bangsa Indonesia dengan bersama-sama menyukseskan Olimpiade PPKn IX,” tutur Dr. Imam Suyitno.

Baca Juga :   Klasterisasi PT Kemristekdikti, Unhas Bertahan di Posisi 8

Selain pelaksanaan lomba yang diundur, pendaftaran pun diperpanjang sampai 09 April 2020. Pendataran dapat dilakukan secara online melalui link form pendaftaran: http://bit.ly/PENDAFTARAN_OLIMPIADE_PPKn_IX maupun secara langsung di Universitas Negeri Makassar Kampus Gunungsari, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. (*)