Thursday, July 2, 2020

Pembukaan KN-MIPA 2020 Tingkat Unhas secara Virtual

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin menggelar Kompetisi Nasional Matematika dan Pengetuhan Alam 2020 (KN-MIPA) tingkat Unhas, Kamis (4/6).

Kegiatan ini merupakan bagian dari seleksi nasional dan merupakan agenda resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hingga tahun 2019, kegiatan ini bernama ON-MIPA (Oliampiade Nasional MIPA). Mulai tahun 2020, Kemendikbud menyesuaikan namanya menjadi KN-MIPA, yang sekaligus mengandung maksud untuk mewujudkan program Merdeka Belajar.

Terdapat empat bidang lomba pada KN-MIPA, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Acara pembukaan dihadiri oleh Dekan Fakultas MIPA (Dr Eng Amiruddin, M Si), para wakil Dekan Fakultas MIPA, Direktur Alumni dan Penyiapan Karir, Kepala Biro Kemahasiswaan Unhas, para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan se-Unhas, para Kasubag Kemahasiswaan, serta para juri dan dosen pendamping.

Ketua Panitia KN-MIPA 2020 Unhas, Dr Andi Ilham Latunra, menjelaskan bahwa untuk tingkat Universitas Hasanuddin, tahun ini terdapat 259 peserta yang mendaftar. Para peserta berasal dari berbagai fakultas yang ada di Unhas.

“Sebaran peserta KN-MIPA tingkat Unhas tahun ini adalah sebanyak 213 peserta dari Fakultas MIPA, 17 peserta dari Fakultas Kedokteran, 14 peserta dari Fakultas Kehutanan, 7 peserta dari Fakultas Pertanian, 5 peserta dari Fakultas Teknik, 4 peserta dari Fakultas Keperawatan, sebanyak 3 peserta dari Fakultas Farmasi, dan masing-masing 1 peserta dari Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan serta Fakultas Kesehatan Masyarakat,” kata Andi Ilham.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr drg A Arsunan Arsin yang hadir membuka acara, menyampaikan apresiasi atas terselanggaranya kegiatan ini.  Khususnya kepada panitia dan jajaran pimpinan Fakultas MIPA yang memberikan dukungan penuh.

“Dalam masa pandemi, kemahasiswaan Unhas tetap aktif. Ini sangat membanggakan.  In syaa Allah kegiatan ini akan menghasilkan kandidat terbaik yang akan mewakili Unhas di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Saya berharap, kita dapat menorehkan prestasi hingga tingkat nasional nantinya,” kata Prof Arsunan.

Usai pembukaan, para peserta kemudian dibagi berdasarkan kelompok bidang lomba yang diikuti. Adapun sebaran peserta berdasarkan bidang lomba adalah:

Bidang Matematika: 41 peserta

Bidang Biologi: 105 peserta

Bidang Kimia: 83 peserta, dan

Bidang Fisika: 30 peserta.(*/FP)

- Advertisement -

Pendidikan adalah bekal terbaik untuk perjalanan hidup.

Aristoteles

Filsuf Yunani
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Kepemimpinan Suardi Saleh, Barru Berhasil Miliki Desa Mandiri Terbanyak di Sulsel

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Torehan keberhasilan dan prestasi terus dicatatkan Kabupaten Barru di bawah kepemimpinan Suardi Saleh-Nasruddin AM. Terbaru, kabupaten yang dikenal sebagai penghasil...

Aspotmar Danlantamal VI Tebar 10 Ribu Benih Ikan Kakap Putih Di Keramba Jaring Apung Lantamal VI

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal VI Kolonel Marinir I. Dewa Gede Wirawan S.E tebar 10 ribu benih ikan kakap...

Pos TNI AL Torobulu Lanal Kendari Lantamal VI Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan Motor Hasil Curanmor

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Jajaran Lantamal VI Pos TNI AL (Posal) Torobulu yang merupakan Pos TNI Angkatan Laut dibawah jPangkalan TNI AL (Lanal)...

Posmat TNI AL Selayar Selamatkan Dan Evakuasi 7 Pemancing Yang Hanyut Di Laut

Selayar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sebanyak 7 pemancing penumpang kapal (Jolloro) asal Kab. Bantaeng yang kapalnya terbawa arus di tengah laut berhasil diselamatkan dan...

Danposal Barru Serma Lis Yosep Beri Kue Ultah Di Hut Ke-74 Bhayangkara Kepada Kapolres Barru

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Polres Kab Barru mendapat kejutan kunjungan dari Komandan Pos TNI AL (Danposal) Barru Serma LIS Yosep RD dan anggota....

REKOMENDASI