HUT RI ke-77, Ini Susunan Acara dan Tata Tertib yang Harus Dilakukan

FAJAR Pendidilan

Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun negara republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Ada sejumlah tata tertib dalam melaksanakan upacara bendera yang harus ditaati demi ketertiban. Susunan upacara pun harus diperhatikan dengan semestinya.

Pada 12 Juli 2022 lalu Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia telah mengeluarkan surat Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 perihal Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022. Melalui surat ini juga pelaksanaan upacara 17 Agustus diatur.

Disebutkan juga dalam surat tersebut bahwa pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan secara serentak pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 08.00 WIB di lingkungan masing-masing. Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan sesuai dengan tata tertib yang berlaku.

Tata Tertib Upacara Bendera

Adapun tata tertib yang harus dipatuhi saat mengikuti upacara bendera sebagai berikut, seperti dikutip dari dalam website milik MAN 1 kota Mubagu:

BACA JUGA :   30 Link Twibbon Tema Maulid Nabi 2022 Gratis, Buruan Ramaikan Sosmed

Berpakaian rapi

Berpakaian rapi merupakan aturan pertama yang harus ditaati ketika mengikuti upacara bendera. Setiap peserta upacara harus mengenakan pakaian yang rapi dan bersih, seperti memasukkan baju ke dalam celana.

Memakai seragam lengkap

Ketika mengikuti kegiatan upacara bendera, setiap peserta diwajibkan mengenakan seragam. Dalam rangka memperingati HUT RI, seragam yang digunakan adalah seragam yang sudah ditentukan.

Datang tepat waktu

Setiap peserta upacara harus hadir di lokasi upacara bendera tepat waktu. Apabila datang terlambat, maka hal ini akan mengganggu proses berlangsungnya kegiatan upacara bendera. Umumnya, upacara bendera dilaksanakan pada pukul 07.00, maka peserta upacara harus hadir di tempat kurang lebih setengah jam sebelum upacara akan dimulai.

Berdiri yang tegak dalam barisan

Saat upacara bendera sudah dimulai, seluruh peserta upacara, harus berdiri dengan tegak. Hal ini dilakukan agar barisan-barisan dalam upacara terlihat rapi.

BACA JUGA :   Hari Ini, Penentuan Pelimpahan Berkas Ferdy Sambo ke Kejagung

Kondusif dan tidak ribut

Seluruh peserta upacara wajib mengikuti upacara bendera dengan khidmat dan tidak ribut. Dilarang melakukan hal yang dapat mengganggu proses berlangsungnya kegiatan upacara bendera, seperti menciptakan suasana tidak kondusif.

Mendengarkan dengan khidmat nasihat pembina upacara

Nasihat yang disampaikan oleh pembina upacara harus didengarkan dengan khidmat dan disimak baik-baik.

Tata Tertib

Tata tertib yang terakhir adalah tertib. Maksud tertib di sini adalah setiap peserta upacara harus mengikuti kegiatan dari awal upacara dimulai hingga upacara berakhir.

Susunan Upacara Pengibaran Bendera

Melansir detikNews, berikut susunan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati hari ulang tahun negara Indonesia:

Penghormatan Pasukan kepada Irup atau Inspektur Upacara
Laporan Komandan Upacara
Pembacaan Teks Proklamasi
Mengheningkan Cipta
Pembacaan Do’a
Pengibaran Bendera Sang Merah Putih
Laporan Komandan Upacara
Penghormatan Pasukan

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Mahasiswa Magang PKIP Unhas Beri Penyuluhan Napza dan HIV/AIDS pada Remaja

Mahasiswa magang Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) bersama tim medis kembali turun melaksanakan penyuluhan Napza...

10 Adegan Panas Film Indonesia yang Jarang Diketahui Publik, Bikin Tegang!

Film panas Indonesia adalah salah satu jenis film yang bisa jadi tontonan "alternatif". Meski dianggap "terlarang", ternyata tidak sedikit jumlahnya. Di Indonesia film-film berlabel 18 tahun ke...

RAMALAN SHIO Kamis 6 Oktober 2022: Hari Keberuntungan bagi 8 Shio ini

Dalam artikel ini akan membahas tentang peruntungan ramalan 12 shio Kamis 6 Oktober 2022. 12 shio dalam penanggalan zodiak tionghoa yakni: Shio Tikus, Shio Kerbau,...

Cara Rasulullah SAW Menjalani Usia ‘’Pensiun’’

Cara Rasulullah SAW Menjalani Usia Pensiun. Hampir semua pekerja, baik swasta maupun pegawai negeri, bila tiba masa pensiunnya, 56 tahun untuk staf, dan 60...