Penerimaan Maba Pascasarjana, Dekan: FKM Unhas Siap Jadi Fakultas Riset

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) secara resmi menggelar Penerimaan Mahasiswa Baru  bagi Program Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat baik Program Magister maupun Program Doktor pada semua Program Studi. Acara ini berlangsung secara daring, Jumat 13 Agustus 2021.

Dalam sambutannya, Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed., menyampaikan selamat datang bagi mahasiswa Program Pascasarjana dalam lingkup Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

“Kalian adalah orang-orang hebat, diterima dengan proses yang cukup ketat. Tahun ini cukup banyak yang mendaftar di fakultas ini, dan tidak semua memiliki kesempatan untuk dapat diterima sebagai mahasiswa,” ungkap Dekan.

- Iklan -

Pada semester awal tahun ajaran 2021/20222, total mahasiswa program pascasarjana yang diterima sebanyak 221 orang terdiri dari 170 orang untuk program S2 masing-masing 85 orang dari Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, 35 orang dari Program Studi S2 Administrasi Rumah Sakit, 7 orang dari Program Studi S2 Ilmu Gizi, 21 orang dari Program Studi S2 Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan 22 orang dari Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan. Sementara jumlah mahasiswa S3 sebanyak 51 orang.

Baca Juga:  HIMATERAGI Fakultas Vokasi Unhas Gelar Kegiatan Pengabdian di TPA Antang

Dengan jumlah tersebut, kata Dekan, FKM Unhas sangat layak menjadi fakultas riset. Karena Terjadi keseimbangan proporsi antara mahasiswa program sarjana dan pascasarjana yaitu 56 persen pada program sarjana dan sekitar 44 persen untuk program pascasarjana.

Syarat untuk selesai bagi mahasiswa program S2 adalah 1 scopus sementara bagi mahasiswa S3 minimal 2 scopus. Artinya hampir terdapat 300 scopus yang dapat dihasilkan hanya berasal dari mahasiswa dan proses pembimbingan.

- Iklan -

“Ini belum termasuk penelitian yang dilakukan oleh para dosen baik yang dilakukan secara mandiri atau pun berasal dari pendanaan Dikti atau internal Universitas Hasanuddin yang jumlahnya juga tidak sedikit,” kata Dekan.

“Sekali lagi Anda tidak salah pilih masuk di FKM Unhas. Anda memilih kampus dengan program studi akreditasi S3 yaitu A yang saat ini juga sedang dipersiapkan untuk akreditasi ASIIN internasional dari Eropa, bahkan pada jenjang S1 baik Program Studi S1 Ilmu Kesmas maupun Ilmu Gizi telah meraih akreditasi internasional,” lanjut Dekan.

Hampir seluruh program studi di FKM unhas adalah A kecuali pada Program Studi S2 yang baru yang dalam waktu dekat sedang mempersiapkan untuk dilakukan reakreditasi. Dengan akreditasi internasional tersebut, maka FKM Unhas memiliki standar yang sama dengan program studi yang ada di luar negeri. Artinya mahasiswa asing memiliki kesempatan untuk juga lanjut studi di FKM Unhas.

- Iklan -
Baca Juga:  LPM Penalaran UNM Adakan Talkshow dan Technical Meeting I PMP-OMK XXVII

“Bukan hanya akreditasinya, tetapi juga Anda akan dididik, difasilitasi, dibimbing dan diarahkan oleh para doktor dan professor dengan latar belakang keilmuan yang beragam,” jelasnya.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para Wakil Dekan FKM Unhas yang dipandu oleh Indra Dwinata, SKM, MPH. Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi Ansariadi, SKM, MSc.PH, PhD dengan materi Peraturan Akademik, Kalender Akademik dan Generic Academic Skill;

Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya, Prof Dr Atjo Wahyu, SKM, M.Kes., dengan materi Pengenalan Organisasi, Sarana dan Prasarana;

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, PhD dengan materi berkaitan dengan layanan kemahasiswaan.

Setelah materi dari pimpinan, selanjutnya secara spesifik mahasiswa menerima materi berdasarkan program studi masing-masing. Kegiatan berlangsung sampai sore hari.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU