ADV A1

Pengertian Gaya dalam Ilmu Sains

FAJAR Pendidikan

Gaya adalah salah satu materi dasar dari ilmu sains, tepatnya ilmu fisika. Gaya menjadi bagian yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Apalagi segala aktivitas membutuhkan gaya agar bisa bergerak.

Anda harus paham dengan betul apa yang dimaksud dengan gaya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk membedakan gaya dengan gerak.

Pengertian Gaya dalam Ilmu Sains

Jadi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan gaya? Gaya merupakan tarikan dan dorongan yang terjadi pada suatu benda. Dalam ilmu fisika, gaya adalah interaksi apapun yang bisa menyebabkan sebuah benda bermasa mengalami perubahan gerak, baik dalam bentuk arah maupun konstruki geometris.

Sederhananya, pengertian gaya adalah dorongan atau tarikan pada suatu benda bermassa yang menyebabkan benda tersebut berubah kecepatannya. Jadi, setiap kali terjadi interaksi antara dua benda, akan ada gaya pada masing-masing benda tersebut. Begitu pula sebaliknya, jika interaksi berhenti, kedua benda tersebut tidak lagi mengalami gaya.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD, Subtema 1 Pembelajaran 3, Halaman 26 28 29 30 33 34 35 37 38

Jenis-Jenis Gaya dan Contohnya dalam Ilmu Sains

Adapun jenis-jenis gaya dan contohnya dalam ilmu sains yang dikutip dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 4 karya Christiana Umi (2020:229) adalah sebagai berikut.

  1. Gaya Normal, gaya reaksi yang timbul ketika suatu benda diletakkan secara tegak lurus di atas sebuah permukaan bidang. Contohnya, jika sebuah buku bertumpu pada suatu permukaan, maka permukaan terebut mengerahkan gaya ke atas buku tersebut untuk menopang bobot buku.
  2. Gaya otot, gaya yang dimiliki makhluk hidup yang mempunyai otot. Contoh gaya otot adalah ketika seseorang mengangkat beban.
  3. Gaya pegas, gaya yang dihasilkan oleh sebuah pegas yang memiliki sifat elastis. Contoh gaya pegas adalah ketika pemanah menarik anak panah.
  4. Gaya gesek, gaya yang muncul akibat adanya sentuhan langsung antara dua permukaan bennda. Gaya gesek mempunyai arah yang selalu berlawanan dengan arah gerak benda.
  5. Gaya mesin, gaya yang dihasilkan dari kerja mesin. Contohnya pada mobil, motor, atau peralatan elektronik.
  6. Gaya gravitasi, gaya tarik terhadap seluruh benda bermassa yang terdapat pada permukaannya.
BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 3, Halaman 67 68 69 70 72 73 74

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI