Penuaan Dini, Kenali Tanda-tandanya

Berbicara tentang kecantikan wajah, tak hanya jerawat yang harus menjadi perhatian. Masih ada yang namanya flek-flek yang nempel di kulit wajah.

Satu lagi yang mengerikan selalu menghantui, dan menjadi momok bagi wanita, adalah munculnya tanda-tanda penuaan dini di wajah.

Apa yang dimaksud dengan penuaan dini? Wajah nampak tua, sebelum waktunya. Istilah anak muda, “bermutu”. Istilah ini, arti kiasan, bukan berarti kualitasnya yang jaminan mutu.

- Iklan -

“Bermutu” dalam kaitan kecantikan wajah artinya bermuka tua. Umur masih muda, wajah sudah kelihatan tua. Bisa jadi minder bukan ?

Ada juga yang terjadi sebaliknya, “sudah berumur”, kata halus dari menjelang tua atau tualah. Tetapi kelihatan wajahnya masih muda. Istilahnya awet muda. Kebalikan dari “bermutu”.

Yang seperti itu, awet.muda, jelas lebih bagus, ketimbang yang di atas, bermuka tua.

- Iklan -
Baca Juga:  Waspada Parasit Cacing, Begini Cara Membasminya

Penuaan dini, juga salah satu penyakit wajah, yang harus selalu diantisipasi. Sebab ini yang membuat rasa percaya diri dalam pergaulan, terganggu. Apalagi bila bertemu teman seletting, dan dia kelihatan lebih muda, dibanding dengan kita. Pasti dalam hatinya, atau ada bisik-bisik tetangga, dengan teman di sebelahnya, berkata, “Kok sudah nampak seperti orang tua ya?” Kecuali bila teman-teman seletting kita, wajahnya masih sebaya dengan kita.

Penuaan dini memang tidak bisa disangkali. karena seiring bertambahnya usia. Tidak mungkin usia bertambah berbanding terbalik dengan wajah, menjadi semakin muda.

Hanya saja, yang dikhawatirkan, usia bertambah terus, kondisi wajah, melaju dengan kecepatan melampaui pertambahan usia.

- Iklan -

Tanda

Penuaan dini berbeda dengan adanya penyakit di wajah. Penuaan dini, bisa saja tanpa penyakit di wajah, misalnya wajah tetap putih, tapi sudah kelihatan ada penuaan dini.

Baca Juga:  Ini Bahayanya Jika Anak Mandi Hujan

Salah satu tandanya adalah kulit wajah kurang kencang. Atau sudah kendor. Ada kerutan-kerutan di wajah. Mata sudah kurang cerah.

Hal tersebut memang sulit dihindari. Orang yang lolos mencapai usia tua, pastilah akan mengalami wajah berkerut.

Yang dipermasalahkan di sini adalah kalau kondisi wajah, tidak sesuai dengan usia. Wajah nampak lebih tua dari umur.

Apalagi bila sudah dihinggapi penyakit,  misalnya jerawat, flek-flek.

Flek ini pun ada tiga macam. Ada flek hitam, ada flek coklat, ada flek coklat campur putih, oh my God. Antisipasi segera.

Penuaan dini juga terjadi, karena kulit wajah memang tidak sehat. Sehat disini, bisa terjadi, karena faktor luar dari wajah. Bisa jadi juga faktor dari dalam wajah. Jangan biarkan wajah menderita.  (ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU