Pergantian Kiswah Ka’bah di Tahun Baru Hijriah

FAJAR Pendidikan

Begitu mulianya, Tahun Baru Hijriah, sehingga Pemeritah Arab Saudi, selalu mengganti kin Kiswah Ka’bah (kain Penutup Kabbah) di Tahun Baru Hijriah. Ada sebuah kendaraan khusus yang digunakan membawa kiswah ka’bah.

Hijrih adalah momentum penting, sehingga dijadikan sebagai awal penanggalan kalender HIjriah. Ini berdasarkan usul Khalifh Umar bin Al-Khattab raddhiyallahu anhu. Penanggalan Islam, tidak diawali dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Atau pengangkatan beliau sebagai Nabi dan Rasul.

BACA JUGA :   Khutbah Jumat Terbaru 5 Agustus 2022, Edisi Tahun Baru Islam: Bulan Muharram

Lalu apa makna dari semua itu? Hijrah adalah awal dari kemenangan Ummat Islam. Ditegakkannya syariah Islam secara nyata di Daulah Islam pertama, Madinah Al-Munawwarah.

Ba’da Isya

Prosesi pergantian kain KKiswah Ka’bah telah dilakukan pada malam 1 Muharram 1444 H. Bagi jamaah Haji yang masih berada di Kota Makkah, bisa menyaksikannya secara langsung upacara prosesi pergantian kain kiswah ka’bah. Waktunya, Ba’da Isya (sesudah Isya).

BACA JUGA :   Haji Selain Ibadah, Juga Sebagai Pembela Islam

Kain Kiswah Ka’bah, seperti yang dikabarkan Koresponden Alhijaz AlHaramain, diijahit dan disulam dengan menggunakan benang emas seberat 125 kg dan perak seberat 100 kg. Biaya produksinya secara keseluruhan sebesar Rp 100 miliar. (p/wa/ana)

VIDEO:

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI