Peringati Dies Natalis Unhas, Tim Pengabdian Masyarakat Unhas Dampingi Seluruh Puskesmas di Maros untuk menyusun Renstra BLUD Puskesmas

FAJAR Pendidikan

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) yang diketuai oleh Dr Irwandy, SKM MSc PH MKes hadir memberikan bimbingan teknis Penyusunan Rencana Strategis BLUD Puskesmas Kabupaten Maros yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 Agustus 2022 bertempat di Baruga A Kantor Bupati Kabupaten Maros.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin, Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas dan Pemerintah Kabupaten Maros.

Diadakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka Dies Natalis Universitas Hasanuddin ke-66.

Sumber pendanaan kegiatan berasal dari Dana Program Pengabdian Kepada Masyarakat Unhas Program Kemitraan-Wilayah (PK-Dies Natalis) LPPM UNHAS serta Dana BLUD Puskesmas.

Bimbingan teknis dihadiri oleh seluruh Puskesmas yang ada di Kabuapaten Maros yakni 14 puskesmas.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros dr H Muhammad Yunus, SKed MKes.

BACA JUGA :   Sidang Pleno LPM Penalaran UNM Tahun 2022 Resmi Ditutup

“Saya mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Maros sebagai lokasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka Dies Natalis Universitas Hasanuddin yang ke-66,” kata Kadis.

Ia juga berharap kegiatan bimbingan teknis ini akan membawa perbaikan dalam perencanaan dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Maros.

Sementara itu, dalam penyampaian materinya, Dr Noer Bahry Noor mengatakan bimbingan teknis ini dilakukan agar para staff puskesmas yang hadir dapat dengan mudah memahami dan mengetahui bagaimana cara penyusunan rencana strategis BLUD Puskesmas yang baik.

Program bimbingan teknis ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan agar puskesmas dapat dengan mudah mengelola alokasi sumber dayanya dengan bijak untuk pencapaian visi dan misi organisasi rumah sakit.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang PKIP Unhas Ikut dalam Monev di Puskesmas Banggae I

Narasumber lainnya, Dr Irwandy menjelaskan tujuan bimbingan teknis ini dilakukan untuk mempersatukan komitmen seluruh staf Puskesmas serta meningkatkan kinerja sesuai standar manajemen dan standar mutu layanan yang telah ditargetkan dalam dokumen perencanaan.

Dr Fridawaty Rivai, SKM MARS selaku salah seorang tim pengabdian masyarakat mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya meliputi penyampaian materi, tetapi juga dilakukan diskusi, latihan, hingga pembuatan rencana strategis BLUD Puskesmas periode 2021-2026 sesuai dengan RPJMD Kabupaten Maros dan Renstra Dinkes Kabupaten Maros.

Sebagai rencana tindak lanjut kegiatan, Rahmatullah, SKM. selaku Kasubag Program Sekretariat Dinkes Maros menyatakan bahwa setiap Puskesmas diharapkan dalam dua minggu sejak berakhirnya kegiatan dapat memperbaiki secara mandiri dan mengumpulkan Renstra hasil perbaikan berdasar masukan-masukan yang diterima selama mengikuti pelatihan.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA