Program Studi Ilmu Gizi FKM Unhas Inisiasi Dosen Praktisi Mengajar, Hadirkan Narasumber dari PT Sucofindo

Pada tahun akademik 2022/2023, Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menginisiasi Program Praktisi Mengajar di beberapa mata kuliah yang berjalan pada semester ganjil.

Setidaknya terdapat 3 mata kuliah yang melibatkan praktisi di dalam kegiatan perkuliahan, yaitu Analisis Bahan Makanan, Penilaian Status Gizi, dan Dietetik.

Praktisi Mengajar sendiri merupakan Program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang mewadahi kolaborasi dosen dan praktisi ahli agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian antara sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja.

- Advertisement -

Program ini sekaligus menjadi upaya agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja.

- Advertisement -

Secara terpisah Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKM Unhas, Dr Wahiduddin, SKM MKes menuturkan bahwa pelaksanaan Program Praktisi Mengajar ini menjadi perwujudan dari Indikator Kinerja Utama (IKU) 4 yang mendorong pelibatan praktisi untuk mengajar di dalam kampus.

BACA JUGA :   Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Unhas Divisitasi Asesor LAM-PTKES

Ia juga menyampaikan bahwa FKM memiliki komitmen yang tinggi untuk merealisasikan indikator kinerja yang telah ditetapkan, termasuk pelaksanaan IKU 4 yang pembiayaannya dilakukan secara mandiri.

Pada tanggal 19 Oktober 2022 telah terlaksana salah satu perkuliahan pada Mata Kuliah Analisis Bahan Makanan yang melibatkan praktisi dari PT Sucofindo.

Abdul Muis Karim, ST MSc selaku Manejer Laboratorium PT Sucofindo hadir langsung di FKM Unhas untuk membawakan materi terkait analisis bahan pangan.

Beberapa topik yang disampaikan meliputi Analisis Kadar Air, Kadar Abu, Kadar Serar, Kadar Karbohidrat, Kadar Protein, Kadar Lemak, Kadar Vitamin, Kadar Mineral serta Analisis Bahan Tambahan Pangan.

BACA JUGA :   Webinar Internasional FKM Unhas; The SDGs 6: From Introduction to Implementation

Dalam perkuliahan tersebut juga turut didampingi Safrullah Amir, SGz MPH dan Dr Nurzakiah, SKM MKM selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Analisis Bahan Makanan.

Keduanya menyampaiakan apresiasi kepada Dosen Praktisi yang telah berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait dengan pengujian bahan pangan.

Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan sangat antusias dan pembelajaran berjalan interaktif.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan ditutup dengan dokumentasi bersama.

Program Praktisi Mengajar juga akan dilaksanakan pada mata kuliah lainnya yaitu Penilaian Status Gizi yang menghadirikan pengajar dari PT InBody Corp Indonesia dan Mata Kuliah Dietetik dengan pengajar dari PT Kalbe Farma.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: