Pupuk Jiwa Kompetisi, Teknik Mekatronika Poltekbos Ikut Robot Contest

Pupuk Jiwa Kompetisi, Teknik Mekatronika Poltekbos Ikut Robot Contest
Pupuk Jiwa Kompetisi, Teknik Mekatronika Poltekbos Ikut Robot Contest

Mahasiswa Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa (Poltekbos) mengikuti Lomba Robot Line Followers di Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar.

Robot Contest ini merupakan rangkaian Elektro fest yang diikuti sejumlah Perguruan Tinggi, Komunitas Robot hingga Sekolah Menengah Kejuruan.

Pembina UKM Robotika, Muhammad Nur memaparkan para mahasiswa memiliki potensi kreativitas yang sangat luas dan harus didukung budaya inovasi yang kuat, terutama dalam kecerdasan buatan Internet of Things (IoT) dan Robotika.

BACA JUGA :   FKM Unhas Perkuat Kerja Sama dengan FKM Usu dan 6 Perguruan Tinggi di Indonesia Bagian Timur

“Ajang mahasiswa ini dapat menambah wawasan, keilmuan, membangun silaturahmi para pegiat robot LF serta yang paling utama memupuk jiwa kompetisi pada hal hal positif,” papar Nur yang juga Dosen Teknik Mekatronika, Selasa (9/8/22).

Muhammad Nur menambahkan jika seiring berkembangnya teknologi, khususnya elektronik peran robot menjadi semakin penting, tak hanya di bidang sains tetapi di bidang lainnya serta akan menjadi tantangan karya dan kerja manusia di masa depan.

“Secara sadar atau tidak, saat ini robot telah masuk dalam kehidupan manusia sehari-hari dalam berbagai bentuk dan jenis, kemajuan robotika memang tidak menggantikan peran manusia seutuhnya melainkan membuka peluang untuk mengalokasikan sumber daya manusia ke pekerjaan yang lebih bernilai,” tambahnya.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang Promosi Kesehatan Unhas Ikuti Pembinaan Kader Kesehatan Remaja

Mahasiswa Teknik Mekatronika, Sinta Amalia mengungkapkan sudah seharusnya generasi muda dituntut mengikuti perkembangan teknologi.

“Kita harus bisa memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin, agar terwujud generasi yang cakap, tanggap dan tangguh,” ungkapnya.