- Advertisement -

Renungan Harian Katolik Senin 9 Januari 2023: Kisah Pembaptisan Yesus di Sungai Yordan

Renungan Harian Katolik hari ini, Senin 9 Januari 2023 berjudul: “Kisah Pembaptisan Yesus di Sungai Yordan”

Renungan Harian Katolik hari ini, Senin 9 Januari 2023 dikutip dari halaman website thekatolik.com.

Renungan Harian Katolik Senin 9 Januari 2023

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam pembaptisan Tuhan Yesus, kita dapat melihat teladan dan juga janji keselamatan dari Allah.

Penyelamatan Yesus adalah untuk semua bangsa dan akan dilakukan-Nya dengan merendahkan diri-Nya.

Hal ini dapat juga kita lihat pada pembaptisan Tuhan Yesus, bahwa Ia mau memberikan diri-Nya di tengah-tengah umat yang berdosa dan merendahkan diri-Nya di sungai Yordan untuk dibaptis oleh Yohanes.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Keselamatan dari Allah telah datang di dalam Yesus Kristus untuk penghapusan dosa manusia dan dalam Yesaya 42 diberitakan bahwa “Ia tidak akan berteriak atau menyaringkan suara atau memperdengarkan suaranya di jalan” dan juga akan “menjadi terang bagi bagsa-bangsa”.

BACA JUGA:  Bacaan Injil Katolik Hari Ini Rabu 11 Januari 2023, Lengkap dengan Pengantar Injil

Identitas Yesus sebagai Anak Allah yang datang dengan kerendahan hati dan penuh ketaatan, mengingatkan kita juga, bagaimana kita sebagai anak-anak Allah memiliki sikap teladan yang diperlihatkan oleh Tuhan Yesus dan demikian halnya juga dengan Yohanes Pembaptis yang memperlihatkan sikap kerendahan hati di hadapan Tuhan Yesus.

Pembaptisan Yesus bukanlah karena dosa atau pun cela pribadi-Nya, namun adalah karena dosa manusia, karena Yesus akan hadir ditengah-tengah kehidupan manusia yang berdosa menjadi Juru Selamat.

Sedangkan bagi kita, pembaptisan hanya merupakan langkah awal dan itu tidak membuat kita otomatis menjadi orang katolik yang baik.

BACA JUGA:  Bacaan Injil Katolik Hari Ini Jumat 20 Januari 2023, Lengkap dengan Pengantar Injil

Pembaptisan tidak juga menjamin kita masuk Surga. Proses yang lain harus kita lewati dan itulah proses pembelajaran dalam beriman dan menghayati apa yang diajarkan oleh Gereja kita.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kerendahan hati sangat perlu ditekankan dalam menjalani hidup ini, namun ketika Tuhan telah menetapkan kita untuk melakukan suatu pekerjaan atau pelayanan.

Kerendahan hati Yesus nyata saat dia datang kepada Yohanes Pembaptis.

Dia rela datang kepada Yohanes Pembaptis dan minta untuk dibaptis. Hal ini mengajarkan kepada kita untuk taat melakukan kehendak Allah.

Siapa pun kita dan apapun status kita, ketaatan harus menjadi bagian dari hidup kita.

kita harus memiliki hasrat untuk taat melakukan kehendak Tuhan. Sebab untuk tujuan itulah kita di panggil menjadi hamba Tuhan.

Bagikan

BACA JUGA:

Renungan Harian Kristen, Minggu 1 Januari 2023: Jangan Berdalih

Renungan Harian Kristen hari ini, Minggu 1 Januari 2023 berjudul: "Jangan Berdalih" Bacaan untuk Renungan harian Kristen hari ini diambil dari Kitab Filipi 1:20 Renungan harian...

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Senin 21 November 2022, Lengkap dengan Pengantar Injil

Bacaan Injil Katolik hari ini Senin 21 November 2022 yang dilansir dari thekatolik.com lengkap dengan Mazmur Tanggapan, Bacaan Injil Katolik hari lengkap dengan bacaan...

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Jumat 10 Februari 2023, Lengkap dengan Pengantar Injil

Bacaan Injil Katolik hari ini Jumat 10 Februari 2023 yang dilansir dari thekatolik.com lengkap dengan Mazmur Tanggapan, Bacaan Injil Katolik hari lengkap dengan bacaan...

Ini Kelender Liturgi Bulan Oktober 2022, Lengkap Bacaan Harian

Kalender Liturgi merupakan siklus waktu yang berlaku di gereja-gereja Kristiani. Berikut adalah kalender Liturgi Oktober 2022 lengkap sebulan penuh. Pada Kalender Liturgi Oktober 2022 ini...

Renungan Harian Katolik, Minggu 30 Oktober 2022: Anak Manusia Datang untuk Mencari dan Menyelamatkan yang Hilang

Renungan Harian Katolik hari ini, Minggu 30 Oktober 2022 berjudul: “Anak Manusia Datang untuk Mencari dan Menyelamatkan yang Hilang”. Renungan Harian Katolik hari ini, Minggu...

POPULER