Resep Fermentasi Mandai, Enak dengan Ayam Goreng

Kulit nangka atau cempedak yang disebut juga mandai, ternyata sangat berguna bagi kehidupan manusia. Selama ini bila beli nangka atau cempedak, kulitnya dibuang saja. Padahal bisa menjadi lauk. Yah, karena tidak tahu, jadinya mubasir, dibuang-buang saja.

Ini temuan kuliner “Rahasia Dapur Kita”. Kulit cempedak atau kulit nangkanya difermentasi dulu, untuk selanjutnya diolah, bisa menjadi pasangan ayam goreng.

Makanya bila beli cempedak atau nangka, jangan cuma ambil isinya, tetapi juga kulitnya. Lumayan bisa dimakan dengan ayam goreng, ikan goreng atau lauk lainnya. Mau tahu bagaimana pembuatannya? Simak resep “Rahasia Dapur Kita”, berikut ini.

- Iklan -
Baca Juga:  Resep Chees Stick, Gurih dan Renyah

Bahan Fermentasi Mandai:

-secukupnya kulit nangka atau kulit cempedak yang sudah dikupas kulit luarnya

-500 ml air matang

-5 sendok makan garam, (atau tingkat keasinan sesuai selera)

- Iklan -

Cara Membuat Fermentasi Mandai:

  1. Kulit buah nangka atau kulit cempedak (kulit buah yang sudah matang), kupas kulit luarnya. Sisakan bagian yang berwarna putih seperti gabus.
  2. Lalu potong-potong kulit yang sudah dikupas tadi, kemudian cuci bersih. Selanjutnya remas-remas dengan garam hingga tercampur rata. Setelah itu, tata kulit nangka atau kulit cempedak di sebuah wadah kaca atau toples yang kedap udara.
  3. Siapkan air matang, lalu tuangkan ke dalam wadah yang berisi kulit nangka atau cempedak, sampai terendam semua, lalu tutup rapat.
  4. Fermentasi 3-7 hari. Tingkat keasinan sesuai selera ya. Akan tahan berbulan-bulan kalau pengolahannya tepat dan bersih.
  5. Saat ingin diolah, ambil mandai secukupnya, cuci bersih, lalu peras airnya, siap digoreng kering dan cocol ke sambel terasi. Atau dibumbui sesuai selera.
Baca Juga:  Resep Black Forest Kukus, Gampang dan Enak

Selamat menikmati. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU