Resep Wingko Babat, Mudah dan Sederhana

Wingko Babat, camilan yang sederhana namun nikmat rasanya. Bila berkunjung ke Jawa Barat, camilan ini banyak di jual di toko-toko kue, untuk dijadikan sebagai ole-ole.

Ternyata bikinnya gampang sekali dan tidak ada yang menjualnya di luar Jawa Barat. Bahannya, meskipun dari kelapa parut, namun tahan lama. Apalagi bila dimasukkan dalam lemari es. Den bahannya pun sederhana.

Camilan ini cocok untuk makanan keluarga bila bisa dibikin sendiri. Manis, legit bila dimakan. Berikut resep dari Kang Mul.

- Iklan -

Bahan Wingko Babat:

-1 butir kelapa parut

Baca Juga:  Resep Rendang Ayam Kampung

-gula pasir secukupnya

-300 gram beras ketan

- Iklan -

-vanili bubuk

-santan secukupnya

-sedikit garam

- Iklan -

Cara Membuat Wingko Babat:

  1. Langkah pertama, siapkan wadah untuk membikin adonan, masukkan 1 butir kelapa parut, tambahkan gula pasir, vanili bubuk, aduk sampai tercampur rata. Aduk rata dengan tangan, sampai tekstur gulanya tidak terlalu bergerindil.
  2. Masukkan 300 gram beras ketan, aduk rata sambil tuangkan santan sedikit demi sedikit, sampai tekstur yang diinginkan. Hasilnya tidak terlalu padat dan tidak terlalu lembek. Adonan siap untuk dimasak.
  3. Panaskan cetakannya, olesi dengan margarine tipis-tipis lalu tuangkan adonan ke setiap lubang cetakan. Sebanyak 11/2 sendok makan.
  4. Kalau tidak punya cetakan, bisa juga menggunakan teflon. Masaknya dengan menggunakan teflon, hasilnya nantinya bisa dipotong-potong.
  5. Setelah dituangkan ke cetakan, tutup cetakan. Masak selama 15 menit dengan menggunakan api sedang cenderung kecil. Bila bawahnya sudah kecoklatan, balik wingko babat meskipun masaknya belum merata. Bagian yang sudah matang, diangkat dan yang belum matang bisa dipindah-pindahkan posisinya. Hasilnya nantinya juga akan matang sempurna.
Baca Juga:  Resep Cireng Krispi, Enak dan Garing

Selamat mencoba. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU