Senin, Desember 6, 2021

Selamat! UIN Alauddin Juara Umum II POROS INTIM 2021

FAJARPENDIDIKAN.co.id – UIN Alauddin Makassar berhasil meraih juara umum II dalam pelaksanaan Pekan Olahraga, Riset dan Ornamen Seni Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia Timur (POROS INTIM) tahun 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual atau dalam jaringan selama empat hari terhitung 1 hingga 4 Oktober kemarin.

Sebagai tuan rumah pada kegiatan itu, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo.

Juara umum II itu diraih Kontingen UIN Alauddin Makassar setelah mengikuti 22 cabang lomba dari 22 cabang yang diperlombakan dan berhasil memboyong sepuluh medali diantaranya 5 medali emas, 4 medali perak dan 1 medali perunggu.

Berikut ini prestasi yang berhasil diraih mahasiwa UIN Alauddin Makassar pada POROS Intim 2021 untuk lima emas dari lomba Makalah Karya Ilmiah Al-Quran Muhammad Ayyub Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

Kemudian medali emas kedua pada lomba Karya Ilmiah Ilmu-Ilmu Ushuluddin diperoleh Nita Amriani mahasiswa Studi Agama – Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

Selanjutnya, emas ketiga Musabaqah Tilawah Al-Qur’An (MTQ) diraih Putri Fitri Mahasiswi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Tak hanya itu, medali emas yang keempat diraih Putra M Fahmi Idzulhaq Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada cabang lomba Musabaqah Hifzil Al-Qur’An.

Sementara emas kelima pada cabang lomba Musabaqah Syarhil Al-Qur’An (MSQ) diraih oleh Andi Nurul Islamiah Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Hukum, Azizah Lutfiah Syam dan Eli Yanti masing masing mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Selain itu, medali perak yang diraih kontingen UIN Alauddin Makassar pada cabang lomba debat konstitusi dan bahasa Arab.

Pada Lomba konstitusi diraih Yasser Arafat mahasiswa Ilmu Hukum, Andi Agung Mallongi Hukum Keluarga Islam, Jesi Fitriani Ilmu Hukum masing-masing Fakultas Syariah dan Hukum.

Pada cabang Bahasa Arab diraih Faisal S. Sangaji, Nur Afifah Hamzah, Muh. Auwalul Muttaqin, Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora. Tim ini meraih perak.

Peraih perak lainnya adalah Putra Muh. Fahmi Huwaidy M Mahasiswa Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin dan Filsafat pada cabang Musabaqah Hifzil Al-Qur’An (MHQ) 10 Juz.

Kemudian Musabaqah Hifzil Al-Qur’An (MHQ) 10 Juz diriah Putri Andi Indy Ratdja Mahasiswa Perbandingan Madzhab dan Hukum Fakultas Syariah dan Hukum.

Terakhir, medali perunggu pada cabang lomba Musabaqah Tilawah Al-Qur’An (MTQ) diraih Putra Imran Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Prof Dr Darussalam Syamsuddin M Ag menyampaikan ucapan rasa syukur atas prestasi yang diraih mahasiswa UIN Alauddin Makassar.

“Alhamdulillah mahasiswa UIN Alauddin telah meraih prestasi di perhelatan yang diselenggarakan PTKIN Indonesia Timur yang dikemas dalam POROS INTIM,” ujar Guru Besar Politik Islam itu.

Lebih lanjut mantan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum ini mengapresiasi mahasiswa yang telah meraih prestasi.

“Pimpinan UIN Alauddin sangat mengapresiasi prestasi yang diraih. Bagi mahasiswa peraih medali emas, Insya allah akan diikutkan ke Gorontalo sebagai bentuk apresiasi mahasiswa berprestasi,” paparnya.

Dalam waktu dekat, kata Prof Darussalam Syamsuddin akan diselenggarakan Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) di UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan tahun 2022 mendatang akan digelar perlombaan antar mahasiswa PTKIN pada bidang olahraga dan seni.

“Kita harus bersiap dari sekarang untuk bisa kembali merebut prestasi di ajang nasional, dalam waktu dekat ada event nasional seperti OASE dan PESONA mahasiswa kita semakin menunjukkan prestasinya,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN Alauddin Dr Hj Yuspiani menyampaikan kesyukuran atas medali kontingen UIN Alauddin Makassar, baginya hal tersebut menjadi sumbangan berharga bagi almamater.

“Kami akan memberi apresiasi bagi yang berhasil meraih medali, dan juga tak lupa ucapan terima kasih bagi seluruh mahasiswa yang turut serta bergabung di kontingen UIN Alauddin” tutupnya.(*)

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI