- Advertisement -

Lakukan Pengabdian, Gabungan Dosen Latih Warga Membuat Briket

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dosen beberapa perguruan tinggi bekerja sama dengan Celebes Spirit Orange (CSO) dan Australian Consulat Makassar menggelar kegiatan pendampingan kepada masyarakat Barru dalam membuat briket dari limbah tempurung kelapa di Kampung Matene, Kelurahan Lalolang, Kabupaten Barru, Jumat, 28 Agustus 2020.

Kegiatan yang disupervisi oleh Muhammad Rachmat dari FKM Unhas, Ain Khaer dari Poltekkes, dan Muh. Saleh Jastam dari Prodi Kesmas UIN Alauddin ini dilaksanakan melihat kondisi khususnya di wilayah pesisir dimana banyaknya perkebunan kelapa namun limbah yang dihasilkan dalam hal ini tempurung kelapa tidak dimanfaatkan oleh warga sekitar.

BACA JUGA:  Resmi Dilantik Jadi Rektor, DR. Muliyadi Hamid Optimis Unifa Raih Lebih Banyak Prestasi
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Tanete, Bhabinkhantibmas, tokoh masyarakat, ibu-ibu rumah tangga, dan warga Matene Kel. Tanete Kab. Barru.

Lurah Tanete, Alimin, menyampaikan terima kasih sudah memilih Kelurahan Tanete sebagai lokasi pengabdian masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih, karena sejujurnya kami memiliki sumber daya manusia yang begitu kurang untuk mengetahui bagaimana pembuatan briket yang sebenarnya menjadi potensi besar bagi kami, khususnya warga yang memiliki kebun kelapa yang limbah tempurungnya tidak dimanfaatkan,” ujarnya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Lebih lanjut ia mengungkapkan nantinya akan bekerja sama mengumpulkan tempurung kelapa kemudian membuat briket agar bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif.

BACA JUGA:  Ketua STIM Lasharan Jaya Hernita: Kuliah Perdana Maret 2023 Prodi Magister Manajemen

“Kami akan coba membuat briket kemudian dipakai sebagai bahan bakar alternatif karena di sini sangat langka juga elpiji 3 kg,” ungkapnya.

Celebes Spirit Orange (CSO) Foundation merupakan sebuah lembaga filantropi yang berkomitmen memberikan bantuan dan pelayanan bagi para penerima manfaat di berbagai wilayah khususnya Sulawesi Selatan.

“Melalui kampanye #KitaBantu, CSO berupaya untuk memperbaiki kualitas hidup individu dan komunitas masyarakat, salah satunya melalui program Kita Bantu Berdaya,” tutup Aca Said selaku team leader pelaksana CSO. (*)

Bagikan

BACA JUGA:

Tingkatkan Kualitas Bahasa Asing, Prodi Perpajakan Polibos Gelar Tes TOEFL

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Program Studi Perpajakan Politeknik Bosowa (Polibos)menggelar tes TOEFL (Test of English as a Foreign Languange). Kegiatan ini bekerja sama dengan MEC Indonesia dan...

Ini Tips Berorganisasi di Kampus dari Psikolog SEVIMA

Seiring dengan menurunnya kasus COVID-19 di Indonesia, beberapa kampus telah mulai menggelar kuliah tatap muka. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) misalnya, sudah melakukan perkuliahan secara...

Peringati Dies Natalis FKM Unhas ke 40, Kegiatan Lomba Memasak Berlangsung Meriah

Memperingati acara puncak Dies Natalis ke-40, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan kegiatan lomba memasak. Kegiatan lomba memasak ini dilaksanakan di FKM Universitas...

Rumah Hancur Tak Padamkan Semangat untuk Kuliah dan Magang Kampus Merdeka

Perang di Jalur Gaza meninggalkan luka batin tersendiri bagi Mohammad Zyad Alshurafa, mahasiswa asal Palestina yang sedang berkuliah di Universitas Lampung. Di tengah-tengah studi, rumah...

Dukung Penguatan Moderasi Beragama, Prodi Studi Agama-agama UIN Alauddin Adakan Sekolah Moderasi

Sebagai upaya mendukung Kementerian Agama dalam mengampanyekan semangat Moderasi Beragama, Prodi Studi Agama-agama UIN Alauddin Makassar melaksanakan Sekolah Moderasi Beragama. Sekolah Moderasi Beragama adalah salah...

POPULER