Wednesday, August 5, 2020

Siap Buka Program Studi Magister Ilmu Gizi, FKM Unhas Gelar Workshop

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas menggelar Workshop dengan mengusung tema, “Workshop Pengembangan Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Gizi”.

Workshop diadakan selama dua hari mulai Jumat 10 Juli dan Sabtu 11 Juli 2020.

Acara dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi Universitas Hasanuddin. WR 1 hadir sekaligus membuka secara resmi workshop ini.

Dalam sambutannya, Prof Dr Ir Muh Restu, MP mengatakan dalam pembukaan prodi baru pengembangan kurikulum menjadi aspek yang paling penting.

“Hendaknya kurikulum selaras dengan kebutuhan dan dapat menjawab tantangan saat ini,” kata Prof Restu.

Hadir pula dalam acara ini Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes., M Med, ED. selaku Dekan FKM Unhas.

Ia merinci dokumen apa saja yang menjadi persyaratan administrasi dalam pengajuan pembukaan prodi baru, mulai dari sejarah program studi, spesifikasi program studi, struktur kurikulum, mata kuliah hingga strategi dan metode pembelajaran.

“Selain itu, dalam pembukaan program studi baru aspek sustainabilitas juga harus dipertimbangkan,” jelas Dekan.

Ada banyak materi penting dalam workshop kali ini seperti yang dibawakan oleh Dr Ir Prastawa Budi, M.Sc. dari Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unhas Tentang Sosialisasi Aturan dan Pedoman Pembukaan Program Studi Baru.

Materi dari Prof Dr Ir Sri Anna Marliyati, M Si. yang diundang khusus dari Departemen Gizi Masyarakat IPB untuk sharing season tentang Lesson Learned Penyelenggaraan Pendidikan Magister Ilmu Gizi di Indonesia.

Melalui pemaparannya diketahui bahwa Program Magister Ilmu Gizi di Indonesia saat ini baru ada di empat perguruan tinggi, sehingga bila dibuka Prodi Magister Ilmu Gizi baru di Universitas Hasanuddin, maka akan menjadi Prodi Ilmu Gizi kelima di Indonesia, dalam artian tentu menjadi satu-satunya Program studi Magister Ilmu Gizi di luar pulau Jawa.

Workshop menjadi semakin menarik dengan kehadiran dua dosen muda Departemen Ilmu Gizi Andi Imam Arundhana, S.Gz., MPH dan Ulfah Najamuddin, S Si., M Kes.

Dua orang Ph.D Candidate yang sedang studi di Australia ini menggambarkan riset terkait current Issue di dunia Gizi saat ini.

Hasil riset yang dipaparkan membuka cakrawala proyeksi riset ke depan yang sangat prospek untuk pendidikan dan output riset Magister Ilmu Gizi nantinya.(*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Dorong Mahasiswa Lakukan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Minta Dukungan Rektor IAIN Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Hj Jumriah lakukan audiensi rencana Workshop terkait sosialisasi pengawasan Pemilu dengan Rektor IAIN...

Persiapan Panen Raya dan Vicon Dengan Kasal, Wadan Lantamal VI Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Karuwisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Makassar, Wakil Komandan (Wadan) Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M melaksanakan kunjungan ke lahan ketahanan pangan Karuwisi Lantamal...

Wisuda Purna Tugas Wujud Penghormatan Lanal Kendari Terhadap Jasa-Jasa Perwiranya Selama Berdinas Di TNI AL

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kendari, Selasa, (04/08/2020) Lanal Kendari mengadakan Upacara Wisuda Purna Tugas dan Acara Tradisi Pelepasan yang dikemas secara menarik dan mengharukan...

Irjen Pol Merdisyam Ditunjuk Jadi Kapolda Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Republik IndonesiaJenderal Idham Azis mutasi Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe, digantikan Irjen Pol Merdisyam.Kapolri, Jenderal Idham Azis...

SMP Islam Athirah 1 Makassar Edukasi Siswa Perihal Esensi Kurban Melalui Webinar

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kegiatan kurban merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan oleh SMP Islam Athirah 1 Makassar. Kegiatan kurban tahun ini dibagi...

REKOMENDASI