- Advertisement -

Siap Buka Program Studi Magister Ilmu Gizi, FKM Unhas Gelar Workshop

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas menggelar Workshop dengan mengusung tema, “Workshop Pengembangan Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Gizi”.

Workshop diadakan selama dua hari mulai Jumat 10 Juli dan Sabtu 11 Juli 2020.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Acara dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi Universitas Hasanuddin. WR 1 hadir sekaligus membuka secara resmi workshop ini.

Dalam sambutannya, Prof Dr Ir Muh Restu, MP mengatakan dalam pembukaan prodi baru pengembangan kurikulum menjadi aspek yang paling penting.

“Hendaknya kurikulum selaras dengan kebutuhan dan dapat menjawab tantangan saat ini,” kata Prof Restu.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hadir pula dalam acara ini Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes., M Med, ED. selaku Dekan FKM Unhas.

Ia merinci dokumen apa saja yang menjadi persyaratan administrasi dalam pengajuan pembukaan prodi baru, mulai dari sejarah program studi, spesifikasi program studi, struktur kurikulum, mata kuliah hingga strategi dan metode pembelajaran.

BACA JUGA:  FKM Unhas Terima Mahasiswa Berprestasi Nasional dan Internasional

“Selain itu, dalam pembukaan program studi baru aspek sustainabilitas juga harus dipertimbangkan,” jelas Dekan.

Ada banyak materi penting dalam workshop kali ini seperti yang dibawakan oleh Dr Ir Prastawa Budi, M.Sc. dari Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unhas Tentang Sosialisasi Aturan dan Pedoman Pembukaan Program Studi Baru.

Materi dari Prof Dr Ir Sri Anna Marliyati, M Si. yang diundang khusus dari Departemen Gizi Masyarakat IPB untuk sharing season tentang Lesson Learned Penyelenggaraan Pendidikan Magister Ilmu Gizi di Indonesia.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Melalui pemaparannya diketahui bahwa Program Magister Ilmu Gizi di Indonesia saat ini baru ada di empat perguruan tinggi, sehingga bila dibuka Prodi Magister Ilmu Gizi baru di Universitas Hasanuddin, maka akan menjadi Prodi Ilmu Gizi kelima di Indonesia, dalam artian tentu menjadi satu-satunya Program studi Magister Ilmu Gizi di luar pulau Jawa.

BACA JUGA:  Prodi MARS, FKM dan SDGs Center Gelar Guest Lecturer dari University Of Leeds

Workshop menjadi semakin menarik dengan kehadiran dua dosen muda Departemen Ilmu Gizi Andi Imam Arundhana, S.Gz., MPH dan Ulfah Najamuddin, S Si., M Kes.

Dua orang Ph.D Candidate yang sedang studi di Australia ini menggambarkan riset terkait current Issue di dunia Gizi saat ini.

Hasil riset yang dipaparkan membuka cakrawala proyeksi riset ke depan yang sangat prospek untuk pendidikan dan output riset Magister Ilmu Gizi nantinya.(*)

Bagikan

BACA JUGA:

HAPSC FKM Unhas Gelar Futsal Competition

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Forum mahasiswa Health Administration and Policy Student Community (HAPSC) FKM Unhas menggelar "HAPSC Futsal Competition" yang dilaksanakan di lapangan The Futsal...

FKG Unhas akan Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis di Kabupaten Gowa

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) akan menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pengobatan, operasi bibir sumbing secara gratis dan penyuluhan kesehatan gigi dan...

FSHI IAIN Bone Gelar Seminar Nasional dan Launching PKBH

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Fakultas Syariah dan Hukum Islam (FSHI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone menggelar Seminar Nasional dirangkaikan dengan Launching Pusat Konsultasi dan Bantuan...

Partisipasi FKM Unhas dalam APACPH International Webinar on Covid-19

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) sebagai anggota Asia Pacific Academic Consortium for Public Health (APACPH) berpartisipasi aktif dalam kegiatan...

UIN Alauddin Makassar dan CECF Teken Mou Internasional, Ciptakan Perdamaian Global

UIN Alauddin Makassar kembali mengadakan Memorandum of Understanding dengan Civilization Exchange and Cooperation Foundation (CECF). Kerja sama itu ditandatangani Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan...

POPULER