Siap Buka Program Studi Magister Ilmu Gizi, FKM Unhas Gelar Workshop

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas menggelar Workshop dengan mengusung tema, “Workshop Pengembangan Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Gizi”.

Workshop diadakan selama dua hari mulai Jumat 10 Juli dan Sabtu 11 Juli 2020.

Acara dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi Universitas Hasanuddin. WR 1 hadir sekaligus membuka secara resmi workshop ini.

Dalam sambutannya, Prof Dr Ir Muh Restu, MP mengatakan dalam pembukaan prodi baru pengembangan kurikulum menjadi aspek yang paling penting.

“Hendaknya kurikulum selaras dengan kebutuhan dan dapat menjawab tantangan saat ini,” kata Prof Restu.

Hadir pula dalam acara ini Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes., M Med, ED. selaku Dekan FKM Unhas.

Ia merinci dokumen apa saja yang menjadi persyaratan administrasi dalam pengajuan pembukaan prodi baru, mulai dari sejarah program studi, spesifikasi program studi, struktur kurikulum, mata kuliah hingga strategi dan metode pembelajaran.

BACA JUGA :   Prodi S2 Kesling FKM Unhas Gelar Asesmen Lapangan Daring

“Selain itu, dalam pembukaan program studi baru aspek sustainabilitas juga harus dipertimbangkan,” jelas Dekan.

Ada banyak materi penting dalam workshop kali ini seperti yang dibawakan oleh Dr Ir Prastawa Budi, M.Sc. dari Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unhas Tentang Sosialisasi Aturan dan Pedoman Pembukaan Program Studi Baru.

Materi dari Prof Dr Ir Sri Anna Marliyati, M Si. yang diundang khusus dari Departemen Gizi Masyarakat IPB untuk sharing season tentang Lesson Learned Penyelenggaraan Pendidikan Magister Ilmu Gizi di Indonesia.

Melalui pemaparannya diketahui bahwa Program Magister Ilmu Gizi di Indonesia saat ini baru ada di empat perguruan tinggi, sehingga bila dibuka Prodi Magister Ilmu Gizi baru di Universitas Hasanuddin, maka akan menjadi Prodi Ilmu Gizi kelima di Indonesia, dalam artian tentu menjadi satu-satunya Program studi Magister Ilmu Gizi di luar pulau Jawa.

BACA JUGA :   Rumah Jurnal IAIN Bone Gelar Workshop Pendampingan Akreditasi Jurnal

Workshop menjadi semakin menarik dengan kehadiran dua dosen muda Departemen Ilmu Gizi Andi Imam Arundhana, S.Gz., MPH dan Ulfah Najamuddin, S Si., M Kes.

Dua orang Ph.D Candidate yang sedang studi di Australia ini menggambarkan riset terkait current Issue di dunia Gizi saat ini.

Hasil riset yang dipaparkan membuka cakrawala proyeksi riset ke depan yang sangat prospek untuk pendidikan dan output riset Magister Ilmu Gizi nantinya.(*)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI