Strict Parents Artinya? Sering Digunakan dalam Bahasa Gaul

FAJAR Pendidikan

Apa arti strict parents dalam bahasa gaul? Biasanya kalimat Strict Parents disematkan untuk orangtua yang galak, namun benarkah artinya seperti demikian?

Adapun kata ini sebenarnya tak melulu soal istilah, namun berasal dari Bahasa Inggris.

Setiap orang tua, tentu memiliki kewajiban untuk membimbing, memberikan arahan serta mengasuh anak-anaknya, mulai dari kecil hingga dewasa dan tugas orang tua tidak akan pernah berakhir. Kewajiban orang tua untuk mengajarkan anak mengenai berbagai hal, sering kali diartikan sebagai parenting.

Namun, parenting ini tidak hanya mengajarkan suatu hal. Akan tetapi juga membimbing anak. Parenting sendiri dapat diartikan sebagai sebuah proses guna mendukung serta mengembangkan emosi, sosial, fisik, hingga intelektual anak mulai dari ia bayi hingga mencapai usia dewasa.

BACA JUGA :   4 Negara di Dunia Ini yang Memiliki Hari Libur Terbanyak

Dalam proses parenting, setiap orang tua tentu menginginkan anaknya agar tumbuh menjadi orang yang bermanfaat dan harapan baik lainnya. Sayangnya, demi memenuhi ekspektasi dan keinginan orang tua tersebut, tidak sedikit orang tua yang kemudian menganut cara asuh strict parents.

Pengertian strict parents

Dalam ilmu psikologi, strict parents adalah orang tua yang memiliki standar tinggi serta sering kali menuntut anaknya.

Sebagian orang tua, mungkin masih percaya bahwa cara pengasuhan yang ketat, dapat membuat anaknya menjadi sosok yang lebih hebat kelak. Akan tetapi, memberikan pengasuhan dengan cara strict parents, justru dapat berdampak negatif pada anak.

Ketika orang tua memberikan standar tinggi kepada anak dan memberi dukungan diserta dengan kasih sayang, maka tandanya orang tua tersebut memiliki gaya asuh yang otoritatif. Gaya asuh tersebut, umumnya akan membuat anak menjadi sosok yang lebih baik. Namun, berbeda dengan gaya pengasuhan otoritatif tadi, gaya asuh strict parent umumnya tidak memiliki sifat otoritatif, akan tetapi cenderung otoriter.

BACA JUGA :   4 Negara di Dunia Ini yang Memiliki Hari Libur Terbanyak

Sosok strict parent dengan sifat otoriter dapat ditandai dengan perilaku yang dingin, tidak responsif serta cenderung tidak suportif kepada anaknya. Peraturan yang dibuat oleh strict parents pun dibuat dengan sewenang-wenang serta sangat ketat.

Pada umumnya, orang tua dengan tipe strict parents akan melarang anaknya untuk menyuarakan opini atau pendapat yang mereka miliki, anak juga dilarang mempertanyakan setiap keputusan yang dibuat oleh orang tua.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI