Friday, July 10, 2020

Study Banding Kutim di Sinjai Diwarnai Cendera Mata Tembakau

Sinjai, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMdes) Kabupaten Kutai Timur Propinsi Kalimatan Timur melakukan study banding Lomba Desa dan Kades Berprestasi di desa Batu Bulerang kecamatan Sinjai Borong kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan, Selasa 7 Agustus 2018.

Studi banding yang memilih desa Batu Bulerang sebagai desa kunjungan karena desa tersebut yang sebutan lainnya sebagai negeri di atas awan tahun lalu mendapat predikat juara di tingkat nasional lomba Desa.

Apalagi kabupaten Kutai Timur memiliki masyarakat yang heterogen yakni warga masyarakatnya terdiri dari banyak komponen dalam struktur penduduknya.

Menurut Camat Sangatta Utara Kutai Timur Kalimantan Timur, Muhammad Basuni M.Si, mengemukakan bahwa desa Batu Bulerang itu dipilih sebagai tempat studi banding karena desa tersebut meraih predikat juara satu yang ingin di contoh, baik dari segi manajemennya, administrasinya, dan apa yang dilakukan serta kenapa sehingga bisa juara, juga bagaimana partisipasi masyarakatnya.

Muhammad Basuni menilai, keseriusan masyarakat desa Batu Bulerang dalam berpartisipasi karena kepala desanya mampu merangkul semua pihak.

“Gotong royongnya luar biasa, dan administrasinya sangat bagus, apalagi tempat kami disana mayoritas rata-rata pendatang yang kerjanya di area tambang maupun di kebun. Jadi di sana ada suasana kota,” terang Muhammad Basuni.

Sedangkan Kaur Pemerintahaan Desa Swarga Bara Kecamatan Sangata Utara Kutai Timur, Barasa, mengatakan kemajuan kabupaten Sinjai dianggapnya sebagai kontribusi desa Batu Bulerang yang berprestasi. Sehingga Kabupaten Kutai Timur beserta semua SKPD datang berkunjung untuk melihat langsung seperti apa kondisinya.

“Saya lihat daerahnya yang sejuk dan masyarakatnya yang ramah. Mungking bimbingan dari kepala desanya dan stakeholder yang ada di sini,” ungkapnya.

Irwansyah Yacob dari DPMDes Kutim bersama Rombongan didampingi Kabid Pemdes Sinjai, Abd Halik, selain berfoto bersama juga saling tukar cendera mata.

Yang menarik dari tukar cendera mata itu yakni cendera mata dari Desa Batu Bulerang adalah berupa tembakau produk setempat yang kenal dengan nama Isyo Ma’ra dan Kopi Borong yang merupakan ciri khas Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai.

Reporter: Iskandar

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Basarnas Bone Bekali Ilmu Kebencanaan Anggota RAPI Wilayah 05 Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Guna memberikan keterampilan serta pengetahuan kepada seluruh anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 05 Kabupaten Bone yang berkaitan...

OSIS-MPK SMP Islam Athirah 1 Gelar Webinar Student Exchange

FAJARPENDIDIKAN.co.id - OSIS-MPK Covtharka SMP Islam Athirah 1 Makassar menggelar webinar dengan tema “Study Hard to Explore the World.” Kamis (9/7/2020). Lebih...

Tes Kepribadian: Pilih Satu Pola untuk Mengetahui Cara Kerja Pikiranmu

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Namun, sebagian orang belum mengetahui bagaimana cara mereka berpikir. Situs web themindsjournal.com membagikan tes kepribadian dengan cara memilih satu dari delapan pola.

Pj. Walikota Makassar : Komplek TNI AL Lantamal VI Patut Menjadi Contoh Penerapan Manajemen Protokol Kesehatan Covid-19

Makassar, FAJARPENDIDIKAN. co.id - Komplek TNI AL Lantamal VI patut menjadi contoh untuk penerapan manajemen protokol kesehatan Covid-19, hal ini diungkapkan Pj...

Motivasi dan Tingkatkan Semangat Belajar, Ini Kata-kata Mutiara Tentang Pendidikan Buatmu

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Dengan memiliki ilmu kita dapat menggenggam dunia, dan mengejar mimpi besar yang kita punya. Sehingga akan menjadi orang yang berguna bagi masyarakat...

REKOMENDASI