ADV A1

Ukuran Lapangan Sepakbola, Standar Nasional dan Internasional

FAJAR Pendidikan

Ukuran lapangan dan gawang dalam olahraga sepakbola jadi hal yang turut penting diketahui. Sebab, dengan memahami ukurang lapangan dan gawang dengan tepat, permainan sepakbola bisa berjalan lebih seru dan menyenangkan.

Sepakbola sendiri bisa dibilang adalah olahraga paling populer di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Olahraga yang membutuhkan 22 pemain di atas lapangan itu memberikan kenikmatan tersendiri bagi orang yang memainkannya maupun para penonton.

Namun, untuk memainkan sepakbola dibutuhkan lapangan yang cukup luas dengan bentuk persegi panjang. Bahkan, ada Federasi Sepakbola Dunia alias FIFA memiliki standar untuk ukuran lapangan sepakbola. Lalu, bagaimana aturan ukuran berdasarkan standar nasional internasional? Berikut penjelasannya.

Ukuran Lapangan Sepakbola

Ada dua standar dalam ukuran lapangan sepakbola. Pertama, lapangan berstandar nasional dan yang kedua berstandar internasional.

Untuk ukuran lapangan sepakbola berstandar nasional, ukuran panjangnya harus ada diantara 90-120 meter dengan lebar 45-90 m. Lalu, lingkaran tengah lapangan memiliki radius 9,15 m.

Kemudian, untuk ukuran kotak kiper berstandar nasional harus memiliki luas 18,3 x 5,5 m. Sementara kotak penalti musti seluas 40,3 x16,5 m.

Sedangkan untuk memenuhi standar internasional, lapangan sepakbola harus memanjang seluas 100 x 110 m dan lebar 64-75 m. Diikuti dengan lingkaran tengah dengan radius 9,15 m. Selanjutnya, panjang kotak penalti standar internasional adalah 40 m. Lalu, lebar kotak penaltinya harus 16,5 m.

Lapangan sepakbola biasanya berupa lapangan rumput alami. Akan tetapi, ada juga lapangan yang menggunakan rumput sintetis dengan tinggi rumput sekitar 25-30 milimeter.

Ukurang Gawang Sepakbola

Untuk standar ukuran gawang, aturan FIFA menjelaskan bahwa jarak antara sisi dalam gawang harus diangka 7,32 m. Sedangkan jarak dari titik bawah mistar gawang ke lapangan adalah 2,44 m.

Ukuran mistar dan tiang gawang tidak boleh beda, yakni dilarang melebihi 12 cm. Jika terjadi kerusakan pada mistar gawang, maka pertandingan harus dihentikan sampai masalah tersebut diatasi dan kembali seperti semula.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI