Macam Macam Gaya Renang Dan Teknik Melakukannya

Macam macam gaya renang tentu banyak variasinya, mulai dari gaya bebas hingga gaya seperti kupu-kupu pun ada. Banyaknya gaya renang berbanding lurus dengan peminatnya, hingga saat ini renang merupakan olahraga yang banyak diminati dari berbagai kalangan.

Setiap gaya renang tentu memiliki teknik dasar yang berbeda-beda, untuk mempelajarinya tentu dibutuhkan konsistensi dan latihan yang intens.

Sebelum praktek renang, alangkah baiknya kamu memahami macam macam gaya renang yang paling dasar. Diantaranya adalah 5 macam teknik renang berikut ini:

- Iklan -

1. Gaya Bebas (Front Crawl)

Gaya Bebas, atau dikenal juga sebagai Front Crawl, merupakan gaya renang yang paling umum dan sering digunakan dalam perlombaan renang. Teknik ini memungkinkan perenang untuk bergerak cepat di air dengan efisiensi tinggi.

Pada dasarnya, perenang melakukan gerakan seperti memutar tangan dan kaki secara bergantian untuk mendorong diri maju. Beberapa langkah kunci dalam Gaya Bebas adalah gerakan lengan yang terus-menerus dan pernafasan yang dilakukan ke samping.

Teknik Melakukan Gaya Bebas:

- Iklan -
  • Gerakkan tangan secara melingkar dari depan ke belakang, menjauh dari tubuh.
  • Lakukan tendangan kaki yang kontinu dari pinggul, dengan gerakan yang kuat dan efisien.
  • Ambil nafas melalui mulut atau hidung sambil memutar kepala ke samping. Pastikan kepala berada di dalam air saat melakukan gerakan tangan.

2. Gaya Kupu-kupu

Gaya Kupu-kupu adalah salah satu gaya renang yang paling menantang dan membutuhkan kekuatan fisik serta koordinasi yang baik. Gerakan utama dalam Gaya Kupu-kupu adalah gerakan lengan yang menyerupai sayap kupu-kupu dan gerakan kaki yang mirip dengan tendangan dada. Perenang juga melakukan pernapasan dengan cara mengangkat kepala di luar air secara bersamaan dengan gerakan lengan.

Baca Juga:  10 Cabang Olahraga Senam Paling Populer dan Banyak Diminati

Teknik Melakukan Gaya Kupu-kupu:

  • Angkat kedua tangan secara bersamaan dari air, dengan lengan lurus. Tekuk siku sedikit saat membawa tangan ke depan tubuh. Dorong tangan ke depan dengan gerakan melingkar yang kuat dan memutar lengan.
  • Tendang kaki dari pinggul dengan gerakan yang kuat, membantu dorongan tubuh. Pastikan koordinasi antara gerakan tangan dan tendangan kaki untuk menjaga kestabilan dan efisiensi gerakan.
  • Pernafasan harus cepat dan efisien, sesuai dengan ritme gerakan tangan dan kaki.

3. Gaya Punggung

Macam macam gaya renang berikutnya adalah Gaya Punggung, atau Backstroke. Adalah gaya renang yang dilakukan dengan posisi tubuh menghadap ke atas dan punggung berada di permukaan air. Gerakan utama dalam Gaya Punggung melibatkan gerakan lengan seperti mengayuh dan gerakan kaki yang terus-menerus. Pernafasan dalam Gaya Punggung dilakukan secara alami ketika kepala berada di atas air.

- Iklan -

Teknik Gaya Punggung:

  • Gerakkan tangan secara terus-menerus dari pinggul ke depan tubuh. Pastikan jari-jari tangan terbuka dan rileks saat masuk ke dalam air.
  • Lakukan tendangan kaki dari pinggul dengan gerakan yang terus-menerus. Pastikan kaki tetap lurus dan rileks, dengan gerakan tendangan yang menyeluruh.
  • Pernafasan dilakukan secara alami karena kepala berada di luar air. Posisikan kepala secara nyaman untuk memastikan air tidak masuk ke hidung.
Baca Juga:  10 Cabang Olahraga Atletik Terpopuler Di Tingkat Dunia

4. Gaya Dada (Katak)

Gaya Dada, atau sering disebut Gaya Katak, dapat dianggap sebagai gaya renang tertua yang dikenal manusia. Gaya renang ini sudah ada sejak zaman kuno, di mana manusia primitif mengamati gerakan kodok di air dan mencoba menirunya. Gaya ini dikenal sebagai gaya yang paling alami dan mudah dikuasai, membuatnya menjadi pilihan utama bagi pemula.

Teknik Melakukan Gaya Dada:

  • Gerakan tangan membuka dan menutup air dengan cara yang melingkar, memberikan dorongan ke depan.
  • Tendangan kaki yang mirip gerakan kodok, dengan kaki dibuka dan kemudian dirapatkan kembali ke posisi awal.
  • Pernafasan yang dilakukan melalui mulut dan hidung saat kepala berada di atas air

5. Gaya Anjing

Gaya Anjing, atau doggy paddle merupakan gaya renang yang paling mirip dengan gerakan yang dilakukan oleh anjing di air. Meskipun lebih umum digunakan oleh anak-anak atau mereka yang baru belajar berenang, gaya ini memiliki sejarah yang tidak terlalu jelas karena lebih dianggap sebagai gaya renang dasar.

Teknik Melakukan Gaya Anjing:

  • Gerakan tangan yang menyerupai gerakan mengayuh ke belakang untuk mendorong tubuh.
  • Tendangan kaki yang sederhana, mirip dengan gerakan kaki saat berjalan di tempat.
  • Pernafasan yang dapat dilakukan dengan mudah karena kepala terus berada di atas air.

Itulah macam macam gaya renang dan teknik melakukannya. Pelu digarisbawahi, ketika kamu masih pemula dan baru belajar gaya renang, alangkah baiknya didampingi oleh profesional atau orang dewasa.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU