Fungsi Garis Lengkung Kotak Penalti dan Garis-garis Lain Lapangan Bola

Nah, semua itu ada fungsinya lho. Setiap detail desain lapangan sepakbola, sudah diatur dalam Laws of the Game milik FIFA. Yuk cari tahu!

Lapangan sepak bola memiliki sejumlah garis yang jarang diketahui kegunaannya. Salah satu garis yang membuat penasaran adalah garis melengkung berbentuk D di luar kotak penalti dan garis lainnya.

Ya, sebenarnya apa sih fungsi dari lengkungan di kotak penalti atau garis persegi panjang di dalam kotak penalti dan beberapa garis lainnya?

Nah, semua itu ada fungsinya lho. Setiap detail desain lapangan sepakbola, sudah diatur dalam Laws of the Game milik FIFA. Yuk cari tahu!

Fungsi Garis Lengkungan Kotak Penalti Lapangan Bola

Garis ini fungsinya sederhana, yakni batas saat terjadi tendangan penalti. Jadi selain wasit, hanya penendang dan kiper yang boleh berada di kotak penalti + lengkungan tersebut. Ia didesain melengkung karena untuk memastikan jarak antara bola dan pemain lain secara minimum tetap sama 9.15 m (10 yds).

Sehingga tidak ada penumpukan pemain di depan kotak penalti bagian tengah saat terjadi tendangan, yang bisa mengganggu sang eksekutor penalti.

Fungsi Garis Garis Lapangan Utama Lapangan Bola

- Advertisement -

Batas utama area permainan sepakbola ini menjadi yang paling penting dan unik. Penting karena untuk pertandingan amatir sekalipun batas ini selalu ada serta unik karena ukurannya dapat dimodifikasi.

Peraturannya lebar garis tersebut tak boleh lebih dari 12 cm dan ini berlaku universal. Namun soal panjangnya bisa bermacam-macam dan memang diperbolehkan.

Panjang lapangan minimal adalah 90 m dan maksimal 120 m, sedangkan lebarnya minimal 45 m serta maksimal 90 m. Sehingga ada kemungkinan sebenarnya sebuah lapangan sepakbola nyaris berbentuk persegi, nyaris karena ada aturan tambahan bahwa lebarnya harus lebih pendek dari panjang lapangan.

Tapi membuat lapangan nyaris persegi tersebut tidak bisa dilakukan di pertandingan internasional karena ada aturan yang berbeda. Panjang lapangan minimal 100 m dan maksimal 110 m, sementara lebar 64 m sampai 75 m.

Bagikan

BACA JUGA:

Bola Voli ??? Perhatikan Cara Memili Sepatu Yang Benar

Voli merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Pemain voly mengandalkan kecepatan, kelenturan, dan ketepatan masing-masing individu. Nah,...

Mau Sukses Seperti Cristiano Ronaldo? Ini Langkah-langkah Yang Wajib Kamu Ketahui

Tidak mungkin ada langkah instan yang bisa menjadikanmu seorang pesepak bola sukses, karena di butuhkan perjalanan waktu yang panjang dalam menjalani prosesnya. Beberapak tips yang...

Teknik Dasar Latihan Sepak Bola Yang Diterapkan Pemain Profesional

Sepak bola merupakan olahraga paling populer di dunia. Mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang tua pasti gemar bermain bola bahkan di era modern seperti...

Peringkat FIFA, Begini Cara Hitung-hitunganya

Jarang dilirik, tetapi menjadi sesuatu yang penting. Itulah peringkat dunia FIFA, peringkat dunia FIFA di buat dengan maksud untuk menjadi acuan sekilas bagi kita...

Profil dan Biodata Arkhan Fikri, Anak Emas Arema FC yang Bersinar di Timnas U19

Arkhan Fikri, pemain muda berposisi gelandang ini merupakan mantan pemain Barito Putera yang dijuluki wonderkid (anak ajaib). Pemilik nomor punggung 8 Timnas U-19 ini...

POPULER