Saturday, September 19, 2020

Undang Mendikbud Nadiem Makarim, Masika Edutalk 2020 Akan Bahas Digitalisasi Pendidikan Tinggi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dalam rangka menyambut satu tahun kepengurusan, Masika ICMI Orwil Sulsel periode 2019-2023 akan melaksanakan Masika EduTalk 2020 mengangkat tema “Pendidikan Tinggi Era Digital”. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Februari 2020 mendatang bertempat di Kampus Unismuh Makassar.

Agenda ini merupakan upaya Masika ICMI Sulsel memberikan kontribusi gagasan terhadap pengembangan perguruan tinggi dalam era digital.

Diagendakan Mendikbud RI, Nadiem Makarim akan bertindak sebagai Pembicara Kunci. Sementara yang bertindak sebagai Penanggap yakni Prof. dr. Budu MMedEd Sp.M(K) Ph.D (Dekan Fakultas Kedokteran UNHAS/Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia/AIPKI). 2. Prof. Dr. Muh. Jufri, M.Si (Dekan Psikologi UNM). 3. Erwin Akib, M.Pd.,Ph.D (Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unismuh Makassar) 4. Dr. Ir. Zakir Sabara H. Wata, MT IPM ASEAN Eng (Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar) dan Asri Tadda, S.Ked., MH (Pengurus Masika ICMI Orwil Sulawesi Selatan).

Kegiatan Masika EduTalk 2020 rencananya akan dipandu oleh Ummi Khaeraty Syam, pengurus Masika ICMI Sulsel dan Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unismuh. Masing-masing penanggap akan membahas seputar masa depan Pendidikan Tinggi berbasis latar keilmuan masing-masing.

Menurut drg. Ardiansyah S. Pawinru, Ketua Masika ICMI Sulsel, yang juga Dosen FKG Unhas ini “kami berharap melalui Masika Edutalk 2020 ini dapat menemukan arah baru pengembangan perguruan tinggi di era digital. Terkhusus merespon kebijakan pendidikan tinggi terhadap Revolusi Industri 4.0. Apalagi Mendikbud merupakan seorang entrepreneur yang berbasis digital,” ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Ketua Panitia Masika EduTalk 2020, Nur Riswandy Marsuki yang juga dosen Pendidikan Sosiologi FKIP Unismuh.

“Kegiatan ini merupakan respon Masika terhadap kebijakan baru bidang pendidikan tinggi. Kebijakan yang mengarah kepada kerangka digitalisasi. Perubahan ini akan membawa dampak yang luas. Khususnya terhadap proses pembelajaran dan menuntut kesiapan institusi Perguruan Tinggi dalam merespon kebijakan tersebut. Masika ICMI Sulsel sebagai organisasi berbasis kecendekiawan ingin mengambil peran strategis untuk menghubungkan kebijakan pendidikan tinggi dengan proses digitalisasi,” jelasnya.

Dalam rangka mematangkan rencana tersebut hari ini Selasa, 21 Januari 2020 bertempat di Nipah Mall telah diadakan konferensi pers, dihadiri oleh Ketua Masika ICMI Sulsel drg. Ardiansyah S. Pawinru dan Sekretaris Masika ICMI Sulsel, Erwin Saputra dan beberapa jurnalis media. Penyelenggara optimis kegiatan ini mampu menarik perhatian para pemangku kepentingan di bidang pendidikan tinggi secara khusus dan dibidang pendidikan pada umumnya.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Sekolah Islam Athirah Berikan Penghargaan Guru dan Karyawan Berprestasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah kembali memberikan apresiasi kepada guru dan karyawan berprestasi. Pengumuman apresiasi bertajuk Human Capital Award 2020 itu dilaksanakan...

Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah 2 ini Raih Penghargaan The Best Teacher

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum jumat kali ini berbeda...

BPJS Ketenagakerjaan Gencar Ajak Guru Mengaji Jadi Peserta, Ini Manfaatnya!

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- BPJS Ketenagakerjaan gencar melakukan sosialisai mengajak penerimaan insentif guru mengaji untuk menjadi pesertanya. Hal tersebut seperti yang...

DKM Bakal Lakukan Pameran Daring ‘Semangat 2020’

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pandemi Covid-19 telah berlangsung lebih dari setengah tahun. Semua lini kehidupan seperti sedang diuji daya tahannya, termasuk posisi seni...

Danlantamal VI Sambut Hangat Kunjungan Dirut PT. Semen Tonasa

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP., menyambut hangat kunjungan Direktur Utama...

REKOMENDASI