- Advertisement -

Unhas Terapkan Kebijakan Baru Akses Kendaraan Masuk dan Keluar Kawasan Kampus

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Universitas Hasanuddin (Unhas) memberlakukan kebijakan baru untuk akses masuk dan keluar wilayah kampus, baik di lingkungan Kampus Unhas Tamalanrea maupun Kampus Fakultas Teknik Unhas di Gowa.

Kebijakan ini merupakan bagian dari rangkaian untuk menciptakan iklim dan suasana kampus yang lebih teratur dan ramah lingkungan.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph D. menjelaskan bahwa sebenarnya Unhas sudah lama bermaksud melakukan pengaturan akses masuk keluar kampus.

Namun keinginan tersebut dibatasi oleh berbagai pertimbangan, misalnya kesiapan transportasi publik dalam kampus, dan akses bagi masyarakat.

“Kebetulan kita mendapatkan momentum, dimana situasi pandemi berdampak pada pengaturan akses keluar masuk kampus. Pada jangka pendek, kebijakan ini berkaitan dengan upaya membatasi sebaran Covid-19,” jelas Suharman.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Namun pada jangka panjang, sambungnya, kebijakan tersebut untuk meningkatkan dan mempertahankan suasana kampus yang lebih nyaman.

Lebih lanjut Suharman  menjelaskan, tujuan pengaturan akses ini dimaksudkan untuk membatasi jumlah kendaraan yang beroperasi di dalam wilayah kampus Unhas.

BACA JUGA:  Mahasiswa PBL Posko 09 FKM Unhas Gelar Seminar Kesehatan Awal

Hal ini dapat mengefektifkan pemanfaatan lahan parkir, memaksimalkan pengelolaan parkir, serta mengurangi polusi akibat asap kendaraan bermotor.

Secara garis besar, beberapa hal yang akan diatur berkaitan dengan akses keluar masuk kampus wilayah kampus adalah sebagai berikut:

Akses masuk kampus Unhas menerapkan sistem satu pintu masuk dan keluar. Untuk kampus Unhas Tamalanrea, akses masuk hanya melalui Pintu 1. Sementara Pintu 0 (jalur samping kampus) Pintu 2 (jalur Rumah Sakit) akan ditutup permanen.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kendaraan yang masuk wilayah Kampus Unhas diprioritaskan untuk kendaraan sivitas akademika, yaitu kendaraan yang memiliki stiker berhologram. Stiker ini dapat diperoleh pada unit kerja masing-masing, dimana setiap orang hanya boleh memiliki satu stiker.

Pengunjung atau tamu yang menggunakan kendaraan akan diberikan Entry Pass di Pintu 1 (pintu masuk), dengan sebelumnya menitipkan kartu identitas diri. Entry Pass ini dapat diambil kembali setelah keluar dari wilayah kampus;

BACA JUGA:  Ketua STIM Lasharan Jaya Hernita: Kuliah Perdana Maret 2023 Prodi Magister Manajemen

Stiker berhologram untuk mahasiswa yang menggunakan kendaraan pribadi akan dibagikan pada saat masa kuliah dimulai, dengan pengaturan sesuai kebutuhan.

Transportasi online, jasa pengantaran (termasuk ekspedisi dan kurir) akan diterapkan kebijakan yang sama sebagai pengunjung atau tamu.

Kebijakan pengaturan masuk wilayah kampus ini diterapkan selama masa pandemi dan seterusnya, yang akan diintegrasikan dengan penggunaan transportasi publik atau bus keliling kampus.

Suharman menegaskan bahwa kebijakan penggunaan stiker berhologram maupun Entry Pass akan diawasi secara ketat oleh satuan pengamanan.

Masyarakat maupun sivitas akademik Unhas diharapkan dapat menjalankan mekanisme ini sebagai upaya bersama untuk memastikan kampus menjadi kawasan ramah lingkungan dan kondusif.

“Perlu kami tegaskan bahwa stiker berhologram yang dibagikan ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. Penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berhak dapat berakibat pada pencabutan atau pembatalan stiker,” tegas Suharman.(*)

Bagikan

BACA JUGA:

60 Mahasiswa Unhas Terpapar Covid-19 Saat KKN

Sebanyak 60 mahasiswa KKN Profesi Kesehatan (KKN-PK) Angkatan 80 Universitas Hasanuddin (Unhas) di Kabupaten Jeneponto terkonfirmasi positif Covid-19 usai menjalani tes PCR bertahap. Kasubdit Humas...

IKAIE Unhas dan Gojek Kerja Sama Pengantaran Bingkisan Lebaran

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Ikatan Alumni Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (IKAIE FEB Unhas) Kembali mengadakan program sosial “Bingkisan Lebaran” yang pengantarannya...

Yayasan Aksa Mahmud Rajut Tali Kerja Sama dengan Yayasan RS Islam Faisal Makassar

Menunjang lahirnya lulusan Fakultas Kedokteran yang berdaya saing global, Yayasan Aksa Mahmud dalam hal ini Universitas Bosowa menjalin kerja sama dengan Yayasan Rumah Sakit...

Selamat! Unibos Dianugerahi Tujuh Penghargaan di Award LLDikti Wilayah IX

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Bosowa (Unibos) kembali unjuk diri dalam memperlihatkan perkembangannya. Kali ini Unibos mendapat tujuh piagam penghargaan dalam acara malam apresiasi kinerja perguruan...

UNM Perpanjang Masa Lockdown hingga 11 Maret

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof.Dr.Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng. memperpanjang penutupan sementara (lockdown) kegiatan kampus dan aktivitas akademik terhitung 5 Maret...

POPULER