UNM dan Kemenpora Dorong Mahasiswa Berwirausaha

MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI memotivasi ratusan mahasiswa dalam Kuliah Umum Kewirausahaan Pemuda, di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Kamis (20/10/2022).

Mengusung tema “Sinergitas Kampus Enterpreneur Menuju Indonesia Kuat” dalam rangka menumbuhkan dan menambah jiwa wirausaha di Indonesia, sehingga akan berdampak bagi perekonomian nasional.

Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng dalam sambutannya menyampaikan kuliah kewirausahaan adalah mata kuliah wajib di semua jenjang di UNM, mulai dari Sarjana hingga Doktor. Hal ini dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa.

- Advertisement -

“Karena itu UNM mengambil peluang dalam rangka memberi wawasan dan pengetahuan dengan mewajibkan mata kuliah kewirausahaan kepada seluruh mahasiswa saat ini,” ujarnya.

- Advertisement -

Kata dia, Kemenpora punya program strategis yang sejalan dengan visi UNM untuk bekerjasama dan melakukan kolaborasi, bahkan sejak tahun 2019 UNM sudah memproklamirkan jika ada anak muda lulusan SMA yang ingin mengembangkan talenta kewirausahaan maka UNM dengan terbuka menerima.

BACA JUGA :   Jadi Pembicara Pada Konsilidasi Pendamping Desa, Rektor UNM Sampaikan Pesan ini!

“Tentu tidak cukup dengan hanya berkuliah, tapi perlu penguatan dari pelaku bisnis yang sudah memahami karakter kewirausahaan. Makanya kita ingin melahirkan mahasiswa dengan jiwa kewirausahaan dan enterpreneurship, karakter kewirausahaan itu bersikap jujur, inovatif dan kreatif,” terang Prof Husain Syam.

Guru besar di bidang pertanian ini menjelaskan bahwa salah satu syarat sebuah negara dikatakan maju jika memiliki rasio penduduk 4 persen jiwa entrepreneur atau wirausaha. Hari ini Indonesia baru 3,47 persen wirausaha. Sementara di negara lain itu sudah diatas 4 persen.

“Makanya UNM mau menjadi penyumbang kontribusi untuk menghasilkan 4 persen itu, karena UNM ingin membangkitkan jiwa wirausaha untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan kuat,” jelas Rektor UNM dua periode ini.

Sementara itu, Plt Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Prof Imam Gunawan menyampaikan sejak tahun 2011, Kemenpora sudah bersentuhan dengan UNM dalam hal pengembangan dan pemberdayaan.

“Perlu kami sampaikan bahwa kegiatan ini adalah dalam rangka untuk semakin menambah jumlah wirausaha di Indonesia karena dari tahun ke tahun rasanya wirausaha masih kurang sehingga dampak ekonomi perlu ditingkatkan bersama,” ujarnya.

BACA JUGA :   IAIN Bone Uji Coba Tu-SITA

Menurutnya, salah satu target yang sangat strategis dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan adalah target group anak muda usia dibawah 30 tahun dan diatas 16 tahun, adalah knowledge school karena inovasi yang sedang diasah untuk merintis kesuksesan dimasa yang akan datang.

“Kalian lah pencipta sosial impact yang keren, harapan dan kesejahteraan melalui aktivitas enterpreneurship. Maka bersyukurlah sudah berada dalam kampus yang mendorong terus kewirausahaan dan jiwa entrepreneur seperti di UNM ini,” ucapnya.

Sekadar diketahui, dalam kuliah kewirausahaan pemuda tersebut dibawakan oleh Staf Khusus Kemenpora RI, Prof Paiman Rahardjo (Rektor Universitas Prof Dr Maestopo), Plt Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Prof Imam Gunawan.

Kemudian, Prof Ramli Umar selaku Ketua Lembaga Inovasi dan Pengembangan Kewirausahaan UNM, dan Mathius Siampa (Deputi Bisnis Area 2 PT Pegadaian) yang akan mengisi kuliah kewirausahaan pemuda.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: