- Advertisement -

Wadah Literasi Lahan, IPML Akan Gelar Walane Festival

MAKASSAR –  Inkubator Peneliti Muda Landskap (IPML) Sulawesi Selatan akan menggelar Walanae Festival, Selasa (28/11) Mendatang di Bikin-bikin Creative Hub Nipah Mall, Makassar.

Walanae Fest merupakan tahapan akhir dari project IPML Sulsel. Dimana kegiatan ini akan menampilkan temuan awal lapangan terkait sumber penghidupan, tutupan lahan, dan sistem usaha tani terkhusus pada kawasan sepanjang DAS Walanae tepatnya di Kabupaten Bone.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Muhammad Aliafid selaku ketua kegiatan Ekshibis mengatakan tema dari kegiatan ini yakni Walanae Fest yang berasal dari nama Daerah Aliran Sungai melalui desa-desa.

“Poin penting dalam ekshibisi ini mengangkat Isu terkini Perubahan Iklim, Ketahanan Pangan dan Kesataraan gender berbasis lahan,” pungkasnya, Selasa (22/11).

BACA JUGA:  Beri Pemahaman Hukum ke Pelajar, Kejari Bone Penyuluhan di Sekolah

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini akan ada Talkshow dan Sharing Sessions, Pameran Foto, Pameran karya tulis PML 2022 dan tentunya hiburan bagi pengunjung.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Pengangkatan isu tersebut diharapkan pengunjung menambah wawasan dan peduli terhadap pengelolaan lahan berbasis Agroforestri.” harapnya.

Koordinator Proyek Land4Lives Provinsi Sulsel, Muhammad Syahrir menambahkan bahwa kegiatan Walanae Fest sebagai rangkaian kegiatan IPML yang menjadi media kreativitas para peneliti muda Sulsel.

“Selama kurang lebih 3 bulan mengikuti kegiatan IPML dengan mengambil lokasi Landscape DAS Walanae di Kabupaten Bone, kegiatan ini tentunya sebagai media dalam menyampaikan hasil tulisan berdasarkan observasi yang telah dilakukan dengan beberapa isu antara lain perubahan iklim, ketahanan pangan dan kesetaraan gender,” bebernya.

BACA JUGA:  Peraih Medali Emas Porprov Bulukumba Keluhkan Bonus yang Diterima

Ia berharap Walanae Fest bisa membawa pesan kepada masyarakat tentang kegelisahan dalam menghadapi perubahan iklim yang memiliki dampak yang luar biasa.

“Sehingga kita semua bisa mengambil Langkah Langkah adaptasi dan mitigasi dalam menghadapi perubahan iklim,” harapnya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sementara, Fitri Ramdayani Mahmud selaku IPML Sulsel berharap kegiatan ini bisa munumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan serta menambah wawasan terkait pentingnnya pemahaman akan dampak perubahan iklim.

“Karena hal tersebut kian terasa terutama bagi masyarakat yang memanfaatkan lahan sebagai sumber penghidupannya,” katanya.

Bagikan

BACA JUGA:

Kecelakaan Tunggal Mobil Menabrak Pohon, Korban Dilarikan di RS Terdekat

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kecelakaan tunggal mobill avanza warna hitam menabrak pohon hingga terjatuh ke sisi kanan jalan dan akibat kejadian itu membuat warga berkerumun, sementara...

Waspada! Penipu Catut Nama Sekda hingga Wabup Bone, Begini Modusnya

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Aksi penipu bermodus pengumpul hingga penyaluran donasi ke tempat ibadah dan yayasan kian berulah di kabupaten Bone. Setelah sebelumnya nama Sekda, kali...

Kakanwil DJPb Sulsel Ganjar Penghargaan Bupati Soppeng, Ini Prestasinya

Soppeng, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bupati Soppeng Kaswadi Razak menerima penghargaan Terbaik Kedua Kinerja Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 untuk Kategori Kabupaten Kecil (Kurang Dari 100 Desa)...

Susun Success Story Pemanfaatan Dana Desa, KPPN Watampone Lakukan Ini

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman didampingi Fungsional PTPN, Fahrul Aprianto dan PPNPN, Abd. Azis mengunjungi Desa Bulu-Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone dalam...

Kolaborasi, BKKBN Bersama Hasnah Syam Sosialisasi Pembangunan Keluarga

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sosialisasi pembangunan keluarga bersama mitra kerja, pada masa pandemi Covid-19, di STKIP Muhammadiyah Pekkae, Kec, Tanete Rilau, Kab. Barru, Senin pagi...

POPULER