Profil dan Biodata Luis Milla, Pelatih Baru Persib Bandung

Profil dan Biodata Luis Milla. Mantan pelatih Timnas Indonesia Luis Milla resmi bergabung ke salah satu klub Liga 1 Persib Bandung. Pengumuman Milla ke Persib dirilis klub berjuluk Maung Bandung melalui media sosial pada Jumat (19/8).

“Indonesia, your Senor is back Bienvenido @luismillacoach,” demikian tulis akun Twitter dan Instagram Persib. Milla menggantikan posisi Robert Rene Alberts yang lebih dulu mundur pada pekan lalu. Setelah pelatih asal Belanda itu mundur, posisi pelatih Persib diisi sementara oleh Budiman.

Lalu siapa Luis Mila? sosok ini tidak asing bagis pencinta bola tanah Air. Luis Milla Aspas adalah mantan pemain sepak bola Spanyol yang pernah bermain pada posisi gelandang. Sebelum menjadi pelatih, Milla adalah pemain yang lama malang-melintang di kompetisi level tertinggi Spanyol. Tercatat, Milla pernah bermain bagi tiga tim top Spanyol, yaitu Barcelona, Real Madrid, dan Valencia.

- Iklan -

Milla bermain bagi tim utama Barcelona pada tahun 1984 hingga 1990. Sebelum bermain di tim utama, Milla bermain bersama tim junior Barcelona dan Barcelona B. Kemudian Milla bermain bagi Real Madrid pada tahun 1990 hingga 1997, lalu hijrah lagi ke Valencia dan pensiun pada tahun 2001. Dengan demikian, Milla juga menjadi salah satu dari 20 pemain yang pernah bermain bagi Barcelona dan Real Madrid.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PERSIB (@persib)

Milla kemudian bekerja sebagai manajer, di mana ia mengambil alih tim muda Spanyol selama beberapa tahun bersama klub Spanyol seperti Real Zaragoza dan CD Lugo, sebelum akhirnya ia melatih timnas Indonesia pada tahun 2017.

- Iklan -
Baca Juga:  Tiga Pemain Timnas Indonesia Jadi Pusat Perhatian di Medsos

Milla pertama kali terlibat dalam pembinaan profesional di tahun 2007, saat itu ia membantu Barcelona dan Madrid rekan setimnya Michael Laudrup di Getafe CF. Pada musim panas berikutnya ia dinobatkan sebagai Manajer Timnas muda U-19, setelah Vicente del Bosque’s menjabat sebagai manajer senior.

Dalam turnamen pertamanya, kejuaraan Eropa UEFA 2009, tim tidak maju melalui babak penyisihan grup. Dalam edisi di Prancis 2010, bagaimanapun, ia memimpin Spanyol ke final, yang berakhir dengan kekalahan untuk host.

Baca Juga:  Jejak Souvenir Zidane di Piala Dunia 2006

Kemudian pada tahun yang sama, Milla menggantikan Juan Ramรณn Lรณpez Caro sebanagi manajer timnas U-21. Meskipun Milla melealui masa-masa sulit pada awal ia bergabung, namun ia membuktikan keberhasilannya dengan lolos ke kejuaraan Eropa 2011.

- Iklan -

Pada akhir 2016, Milla, bersama dengan Luis Fernรกndez dikabarkan menjadi dua kandidat terdepan untuk menggantikan manajer Austria dan mantan pemain Alfred Riedl untuk jabatan manajerial Indonesia, hingga akhirnya PSSI memutuskan untuk menjadikannya sebagai pelatih timnas pada Januari 2017.

Pada Minggu, 21 Oktober 2018 Millaย menyampaikan salam perpisahan setelah dirinya dan PSSI tidak lagi bekerja sama menjadi pelatih Tim Nasional Indonesia, dalam ucapan perpisahannya, Luis Milla mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf dan pemain yang telah bekerja sama dengan dirinya.

Biodata Luis Milla

  • Lahirย Teruel, 12/03/1966
  • ย Profesi: Pelatihย 
  • ย Agama: Tidak Diketahui
  • Instagram: @luismillacoach
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU