20 Mahasiswa Lolos Program IISMA Belajar di Yale University

Ronde keberangkatan bagi mahasiswa yang telah terpilih sebagai peserta program Indonesia International Student Mobility Scholarship (IISMA) 2023 telah resmi dimulai. Rilis pertama pada Sabtu (27 Mei 2023) secara online melepas 20 mahasiswa yang akan kuliah di Yale University di Amerika Serikat.

Setelah resmi diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), 20 mahasiswa ini akan diberangkatkan pada Sabtu (27/5/2023) waktu setempat dan langsung menuju Yale University.

Sebanyak 20 mahasiswa telah terpilih untuk mengikuti program IISMA 2023 setelah melalui proses seleksi panjang yang dimulai pada awal tahun 2023. Pada 14 April, 1.691 mahasiswa sarjana dan profesional terpilih untuk mengikuti studi di berbagai universitas ternama di seluruh dunia selama satu semester.

- Iklan -

Program Officer IISMA Rachmat Sriwijaya mengatakan dalam keterangannya bahwa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sangat bangga dengan 20 mahasiswa yang telah terpilih dan diberi kesempatan untuk belajar di Yale University.

Rasa bangga tersebut tidak lepas dari fakta bahwa Yale University merupakan salah satu universitas tertua di Amerika Serikat. Selain itu, universitas ini merupakan bagian dari grup Ivy League dan menikmati reputasi yang sangat tinggi di kalangan akademik dan telah menghasilkan banyak tokoh penting. Jadi, bergabung dengan Universitas Yale sebagai universitas tuan rumah adalah kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan oleh mahasiswa Indonesia.

Baca Juga:  Cara Mendidik Akidah Anak

“Mengirim mahasiswa ke Universitas Yale itu menantang. Hal ini tentunya karena perbedaan jadwal studi dan proses membujuk Perguruan Tinggi Nasional (PTDN) untuk melisensikan mahasiswanya,” jelas Rachmat.

- Iklan -

Meski banyak tantangan, saat membuka pendaftaran IISMA 2023, Universitas Yale menarik banyak minat dari mahasiswa Indonesia.

“Alhamdulillah, saat IISMA 2023 membuka pendaftaran, lebih dari 100 mahasiswa memilih Universitas Yale sebagai tujuan dan hari ini 20 mahasiswa terbaik siap datang dan belajar di sana,” lanjut Racmat.

Kesempatan belajar di Yale University juga diapresiasi karena PTDN telah berhasil menyekolahkan mahasiswanya di sana. Sebagai contoh, Universitas Indonesia berterima kasih kepada tim program IISMA atas kerjasamanya dengan Universitas Yale. “Kami sangat bangga dengan para mahasiswa yang kini bersiap untuk berangkat. Tak lupa kami ucapkan selamat kepada para orang tua yang telah membawa anaknya hingga ke titik ini,” kata Astha Ekadiyanto, Direktur Pusat Pembelajaran Mandiri Universitas Indonesia.

- Iklan -
Baca Juga:  8 Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris

Selain partisipasi dari perwakilan SMK dan siswa terpilih, kegiatan ini juga diikuti oleh orang tua siswa yang menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbud yang telah memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dan mengasah. pengetahuan melalui program IISMA.

Pelepasan ini kemudian diakhiri dengan para mahasiswa mengikrarkan janji sebelum akhirnya berangkat ke Amerika Serikat pada hari yang sama.

Tabina Azalia Oktara mengatakan: “Mahasiswa kami tidak hanya berkomitmen untuk belajar dengan sungguh-sungguh ketika mengikuti program IISMA, tetapi juga siap menjadi duta nasional yang memperkenalkan budaya Indonesia ke negara-negara yang bukan kami datangi”, peserta IISMA 2023 dari Universitas Gadjah Mada. Program IISMA 2023 sendiri akan mengirimkan lebih dari 1.600 mahasiswa tahun ini.

Sejak diluncurkan pada tahun 2021, lebih dari 20.000 mahasiswa telah mendaftar dalam program IISMA, dan tidak kurang dari 3.797 mahasiswa sarjana dan profesional telah dikirim ke luar negeri untuk menimba pengalaman dan mengasah ilmu serta memperkenalkan budaya Indonesia ke berbagai belahan dunia. Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat diakses melalui halaman https:http://iisma.kemdikbud.go.id/.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU