5 Cara Mencegah Kerusakan pada Barang Elektronik, Hindari Ini

FAJAR Pendidikan

Barang elektronik sudah menjadi bagian penting dalam hidup manusia, karena fungsinya dapat mempermudah pekerjaan sehari-hari. Berikut tips dan cara mencegah kerusakan pada barang elektronik Anda.

Penggunaan barang elektronik yang terlalu sering juga harus diimbangi dengan perawatan yang maksimal, jangan menunggu hingga fungsinya menurun atau bahkan rusak. Sebab jika sudah rusak, biaya yang akan dikeluarkan tidaklah sedikit.

Lebih baik, cobalah untuk mencegah terjadinya kerusakan pada barang elektronik sehingga bisa lebih awet dan tahan lama dengan cara berikut ini.

1. Letakkan pada tempat yang aman

Tata letak untuk barang elektronik menjadi salah satu tips yang harus benar-benar diperhatikan. Pastikan bahwa Anda meletakkannya di tempat yang rata, kering dan juga tidak terkena sinar matahari langsung. Dan perlu diingat untuk jangan meletakkan barang elektronik di tempat yang lembab karena itu akan membuatnya cepat berjamur.

2. Jangan gunakan terus-menerus

Sama seperti manusia, peralatan elektronik secanggih apapun juga tetap membutuhkan waktu untuk berhenti sejenak. Komponen yang menyusun alat elektronik ini butuh waktu istirahat agar bisa kembali berfungsi dengan optimal. Jika dipaksakan untuk bekerja secara terus menerus, perangkat elektronik bisa mengalami overheating alias kelebihan panas. Hal ini tentu berpotensi membuat komponen di dalamnya lebih cepat mengalami kerusakan.

BACA JUGA :   Cara Pindah KK Online Makassar 2022, Alur, Syarat dan Biaya

3. Hindari listrik yang tidak stabil

Pastikan stop kontak listrik di rumah Anda sudah stabil. Jika tidak, barang elektronik bisa rusak dalam waktu yang singkat. Pemakaian stop kontak dapat merusak alat elektronik karena arus listrik yang tidak stabil. Stop kontak yang digunakan tidak boleh longgar, karena peran listrik disini sangatlah vital.

4. Bersihkan secara rutin

Cara merawat barang elektronik yang tidak boleh dilewatkan juga adalah rutin membersihkannya. Kebanyakan orang rutin membersihkan peralatan elektronik hanya saat beberapa bulan usai membelinya saja. Kemudian setelah itu, membiarkannya begitu saja tanpa memperhatikan kebersihannya, hingga akhirnya rusak. Padahal, jika secara rutin membersihkan peralatan elektronik, terutama pada bagian-bagian sensitif yang sangat berpengaruh terhadap kinerjanya akan membuat barang jadi lebih awet. Pastikan jika bagian-bagian tersebut bebas dari jamur, debu, maupun kotoran lain.

BACA JUGA :   5 Panduan Islam Hadapi Usia 40

5. Service rutin di tempat resmi

Beberapa barang elektronik juga perlu dilakukan servis secara berkala untuk memastikan performanya tetap optimal. Tetapi, saat melakukan servis ini juga tidak boleh sembarangan. Cari jasa yang memang sudah memiliki reputasi baik dan staf yang sudah profesional serta berpengalaman.

Hal ini dikarenakan agar barang elektronik Anda bisa tetap bekerja dengan baik usai diservis. Anda bisa menggunakan jasa servis dari brand elektronik yang dibeli agar terjamin kualitasnya. Namun di sisi lain, harga yang ditawarkan pasti akan lebih tinggi jika dibandingkan jasa servis biasa.

Namun, jika biaya service sama saja atau bahkan lebih mahal ketimbang membeli barang yang baru, mungkin barang elektronik yang Anda punya memang sudah habis masa pakainya. Anda bisa membeli barang elektronik baru dengan memperhatikan perawatannya ke depan supaya masa pakainya bisa lebih lama dari barang yang Anda miliki sekarang.

Sumber: Okezone.com

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI