MAKASSAR – Pelayanan di Kantor Samsat Makassar 1, Sulawesi Selatan, menuai keluhan dari masyarakat. Warga menilai proses pembayaran pajak terlalu lambat dan berbelit-belit karena harus melewati banyak loket.
Keluhan tersebut disampaikan sejumlah wajib pajak yang datang ke kantor Samsat Makassar 1 di Jalan AP Pettarani, Makassar.
Sangat berbelit-belit caranya. Kami harus menyetor berkas dari loket satu ke loket lainnya. Padahal loket-loket itu berdekatan, seharusnya bisa langsung dioper ke petugas sebelah,” keluh Fadly, salah satu warga, kepada wartawan, Jumat (31/10/2025).
Ia juga menyoroti kurangnya fasilitas ruang tunggu. Kursi yang terbatas membuat banyak warga terpaksa berdiri, sementara tidak adanya pengeras suara menyebabkan panggilan petugas tidak terdengar dengan jelas.
Apalagi tidak ada nomor antrian. Mau duduk kursinya sudah penuh, jadi kami harus berdiri dekat loket supaya tidak ketinggalan giliran,” tambahnya.
Fadly juga mengaku kecewa dengan sikap salah satu staf yang dinilai arogan saat melayani warga.
Kami datang untuk membayar pajak, tapi malah diperlakukan seperti itu. Kami berharap pelayanan dibuat lebih ramah dan efisien,” ujarnya.
Keluhan serupa disampaikan Angkasi (67), warga lainnya yang juga mengurus pajak kendaraan.
Saya sudah tua, tapi harus bolak-balik dari loket satu ke loket lainnya. Padahal jaraknya cuma beberapa meter,” ucapnya.
Sementara itu, saat dikonfirmasi pada Sabtu (1/11/2025), pihak Regident Samsat Makassar 1 menyarankan agar konfirmasi dilakukan langsung ke bagian pelayanan.
Tabe, bisaki konfirmasi langsung ke Bu Kasi Pelayanan,” ujarnya singkat.
Hingga berita ini diterbitkan, Kasi Pelayanan Samsat Makassar 1 belum memberikan tanggapan terkait keluhan warga tersebut.
(Akbar/Hengki)
