Bina Desa Tematik, Dekan FKM Unhas: Sebagai Fakultas Kesehatan Punya Andil Edukasi Masyarakat Tentang Covid19

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mahasiswa FKM Unhas melakukan gerakan edukasi sebaya di wilayah Ramsis dan Sahabat. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan bina desa tematik covid-19 FKM Unhas 2021.

“Kegitan bina desa ini sebagai bentuk pengabdian universitas kepada masyarakat. Kegiatan ini mungkin langkah kecil tetapi dampaknya akan besar yaitu adanya edukasi menyeluruh yang akan diperoleh masyarakat secara langsung karena dapat memberi ruang kepada masyarakat untuk berdiskusi terkait hal-hal yang belum dipahami betul mengenai covid-19 ini,” jelas Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam dalam sambutannya sesaat sebelum membuka kegiatan.

Lebih lanjut Dekan mengatakan, fakultas kesehatan masyarakat yang meminjam label masyarakat tentu saja harus ikut andil dalam mengedukasi masyarakat agar dapat terlindungi dari pandemi covid-19 ini khususnya masyarakat dan mahasiswa sekitar kampus.

BACA JUGA :   Jadwal Daftar Ulang SBMPTN 2022, Cek Disini

Sementara itu, Widia mahasiswa Prodi kesehatan masyarakat dalam melakukan edukasi sebaya menggunakan poster menyampaikan bahwa kegiatan ini penting dilakukan terutama untuk mahasiswa yang rawan berkumpul di kost dan juga mobilisasi mereka berbeda-beda sehingga peluang lebih besar untuk saling menulari jika tidak patuh dengan protokol kesehatan yang disebut sebagai vaksin sosial.

“Ini kami lakukan secara langsung kepada teman mahasiswa yang kami temui. Kami juga meminta agar teman-teman mahasiswa bisa menjadi role models dalam menjalankan perilaku-perilaku pencegahan penularan covid-19 seperti disiplin memakai masker yang benar, menjaga jarak dan rajin cuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta menjadi agen of change yang memotivasi masyarakat bersama-sama melawan covid-19,” jelas Widia.

“Tidak lupa kami ingatkan juga agar teman-teman yang tinggal di kost menjaga pola makan yang bergizi supaya imun tubuh tetap terjaga,” tambahnya.

BACA JUGA :   Mahasiswa PBL III FKM Unhas Posko 5 Gelar Sosialisasi BIAN

Selain edukasi langsung, mahasiswa FKM Unhas juga memasang media poster dan spanduk di tempat-tempat umum seperti di mesjid dan kost mahasiswa.

“Kami juga kembali melakukan aksi sosial sebagai bentuk kepedulian sosial seperti tahun sebelumnya dengan memberikan paket sembako kepada teman-teman mahasiswa yang terdampak covid-19,” tambah Irham.

Uci Salah satu mahasiswa yang menerima edukasi mengatakan: “Kami senang ada kegiatan seperti ini karena dapat membangkitkan motivasi sesama mahasiswa untuk tidak melupakan perannya sebagai agen of cahange.”

“Dimulai dari diri sendiri dulu bagaimana perilaku yang baik untuk mencegah penularan covid-19 ini. Kami berterima kasih kepada tim FKM unhas yang sudah melakukan gerakan seperti ini,” tutupnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI