Contoh Soal Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri lengkap Semua MK 2023/2024

Contoh Soal Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri lengkap Semua MK 2023/2024, Berikut akan memberikan contoh soal atau latihan soal tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun ajaran baru 2023/2024.

Latihan soal ini dapat menjadi referensi untuk teman-teman dalam menyiapkan diri dalam mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Soal-soal dapat dikerjakan dan didiskusikan bersama teman, orang tau maupun guru di sekolah.

Oleh sebab itu, simak berikut ini Contoh Soal Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri lengkap Semua MK 2023/2024.

- Iklan -

Contoh Soal Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri lengkap Semua MK 2023/2024

1. Termometer : Temperature = Jam : …

a. Dingin
b. Waktu
c. Arloji
d. Beku
e. Mendidih

Jawaban: B

- Iklan -

2. Telur : Avoid = Dunia : …

a. Spheroid
b. Android
c. Mongoloid
d. Jantan
d. Betina

Jawaban: A

- Iklan -

3. Penyakit : Patologi = …. : Cuaca

a. Astronomi
b. Fisika
c. Metrologi
d. Meteorologi
e. Antropologi

Jawaban: D

4. Kompetisi : Kooperasi = …. : Rival

a. Lama
b. Musuh
c. Main
d. Kawan
e. Dagang

Jawaban: D

5. Potensial : Aktual = …. : yang akan datang

a. Dini
b. Lama
c. Mungkin
d. Kini
e. Pasti

Jawaban: D

Soal Literasi dalam Bahasa Indonesia

1. Simak bacaan di bawah ini

Devide et impera menjadi salah satu senjata kongsi dagang Belanda (VOC) untuk menguasai Nusantara. Istilah ini berasal dari bahasa Spanyol yang kurang lebih artinya ‘belah dan kuasai’. Istilah ini merujuk pada sebuah strategi perang yang dikombinasikan dengan politik, ekonomi, dan sosial untuk menguasai sebuah wilayah atau kelompok. Cara ini bahkan dijadikan kebiasaan oleh VOC dalam hal politik, militer, dan ekonomi untuk melestarikan penjajahannya di Indonesia. Orientasinya adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan menaklukkan raja-raja di Nusantara. Misalnya dalam kasus Kerajaan Mataram, posisinya semakin melemah karena terbagi menjadi empat wilayah terpisah.

Dalam konteks lain, devide et impera juga berarti mencegah kelompok-kelompok kecil untuk bersatu menjadi sebuah kelompok besar yang lebih kuat. Kondisi ini terasa sekali ketika kita didera pandemi Covid-19. Kita tak sadar bahwa pro kontra terhadap sebuah kebijakan publik misalnya, justru memperoleh panggung daripada upaya bersama untuk keluar dari pandemi ini. Kondisi di masyarakat saat itu seperti terkena “politik belah dan kuasai”. Ego “siapa kami” lebih mengemuka dibandingkan “inilah kita!”.

Media sosial menjadi ajang untuk mengaduk-aduk jejak digital masa kelam. Lantas, langkah yang sudah mulai ke depan kembali mundur. Upaya untuk membentuk imunitas komunal pun memperoleh hambatan justru di pusat kasus. Misalnya, hasil survei mencatat persentase warga DKI Jakarta yang menolak vaksinasi Covid-19 paling tinggi di Indonesia, yakni 33 persen. Kita patut merenungkan ucapan ahli virus, Faheem Younus, “Orang yang terpecah tidak bisa menang melawan virus yang bersatu.”

Baca Juga:  Adverbs of Time, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

Simpulan yang tepat bacaan di atas adalah ….

a. Pemerintah Belanda dapat menguasai seluruh wilayah Nusantara dalam waktu yang lama karena menerapkan strategi devide et impera

b. Kerajaan Mataram terbagi menjadi empat wilayah terpisah karena adanya perebutan wilayah dan perpecahan para pemimpinnya

c. Strategi devide et impera berupaya mencegah kelompok-kelompok kecil bersatu menjadi sebuah kelompok besar yang lebih kuat

d. Kesepahaman dan kebersamaan semua pihak merupakan faktor penting dalam upaya menghadapi dan menyelesaikan permasalahan

e. Media sosial dapat menjadi sarana mengekspresikan pro dan kontra dalam menyikapi kebijakan publik untuk menghadapi masalah.

Jawaban: D

2. Simak bacaan di bawah ini

Galaktosa adalah salah satu jenis gula yang terdapat di dalam susu, baik ASI maupun susu formula. Pada kondisi normal, galaktosa akan dicerna oleh tubuh dan diubah menjadi energi. Akan tetapi, pada penderita galaktosemia, tubuh tidak dapat mencerna galaktosa sehingga zat tersebut menumpuk di dalam darah. Jika menumpuk dalam darah, galaktosa dapat mengalir ke organ-organ tubuh, seperti ginjal dan hati. Galaktosa yang mengalir ke organ tubuh akan diubah menjadi galaktitol, yaitu salah satu zat yang beracun bagi tubuh. Akibatnya, organ tubuh dapat mengalami kerusakan.

Galaktosemia (galactosemia) tergolong penyakit langka yang terjadi pada sekitar 1 dari 48.000 bayi di seluruh dunia. Galaktosemia disebabkan oleh perubahan atau mutasi pada gen GALT, GALK1, dan GALE. Gen-gen tersebut berfungsi untuk membentuk enzim galaktokinase yang mengubah galaktosa menjadi energi. Mutasi menyebabkan gen-gen tersebut hanya dapat memproduksi sedikit enzim galaktokinase. Akibatnya, tubuh tidak dapat mencerna galaktosa dengan baik. Galaktosemia diturunkan dari orang tua kepada anak dalam pola penurunan autosomal recessive. Jika kedua orang tua memiliki gen galaktosemia, risiko anaknya menderita galaktosemia adalah sebesar 25% pada setiap kehamilan. Meskipun galaktosemia dapat berakibat fatal, bayi yang terlahir dengan kondisi ini dapat hidup normal jika segera diberikan penanganan yang tepat.

Makna paling tepat kata galaktosemia dalam bacaan adalah ….

a. bayi dengan kondisi yang tidak dapat minum baik ASI maupun susu formula.

b. penyakit keturunan yang menyebabkan tubuh tidak dapat mencerna galaktosa

c. galaktosa yang menumpuk dalam darah dan mengalir ke organ-organ tubuh yang vital

Baca Juga:  Pengertian Recount text, Ciri, Struktur dan Tujuan

d. tubuh tidak dapat mencerna galaktosa sehingga zat tersebut menumpuk di dalam darah

e. galaktosa yang mengalir ke tubuh menjadi galaktitol sebagai zat yang beracun bagi tubuh

Jawaban: B

3. Banyak karya seni indah yang dihasilkan oleh seniman jalanan sehingga menarik minat pecinta seni turun kejalan untuk menikmati karya seni. Salah satunya adalah lukisan dari seorang pelukis wanita yang memperlihatkan gambaran emosi pelukisnya.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang pasti benar?

a. Karya seni lukis adalah satu-satunya yang menarik pecinta seni untuk turun ke jalan

b. Kayu yang mengalami pelapukan tidak diaplikasikan bahan pengawet

c. Risiko pelapukan pada kayu berkurang jika dilakukan pengaplikasian bahan pengawet

d. Pelapukan pada kayu hilang dengan melakukan pengaplikasian bahan pengawet

e. Pada kayu yang mengalami pertumbuhan spora tidak diaplikasikan bahan pengawet

Jawaban: D

4. Di TK X, anak-anak yang mengikuti program Y, memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar dari pada anak-anak yang tidak mengikuti program tersebut.

Menurut para ahli, hal tersebut disebabkan oleh programnya ini yang memungkinkan anak untuk menjelajahi alam Manakah pernyataan berikut ini yang akan memperkuat argumen dari ahli tersebut?

a. Program Y dilakukan TK X seara rutin sejak TK itu berdiri

b. Guru-guru di TK X menyarankan anak-anak untuk mengikuti program Y

c. Sebagian anak yang tidak pernah mengikuti program Y jarang bertanya selama belajar di kelas

d. Anak-anak yang mengikuti program Y memiliki karakteristik yang sama dengan yang tidak mengikuti program Y

e. Di TK X, anak-anak yang tidak mengikuti program Y tidak pernah mendapatkan kesempatan menjelajahi alam.

Jawaban: E

Soal Literasi dalam Bahasa Inggris

1. In 2010, researchers estimated that 8 billion kg of plastic entered the ocean in a single year, and that number would sharply increase by 2025. When it enters the ocean, plastic waste disrupts marine ecosystems, travels to central locations, and forms a trash island which can cover an area of more than 1.6 million square km. These plastics never degrade, but rather break up into smaller sizes. They eventually become microplastics that stay in the environment for hundreds of years.
Scientists at the University of California San Diego have invented a new biodegradable material that is designed to replace the commonly used plastics. The material started to biodegrade in seawater within four weeks. The team found that various marine organisms colonize the material and break it into nutrients for their consumption.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU