CRP Fakultas Kedokteran Unhas Gelar Webinar, Rangkaian Dies Natalis ke-64 Unhas

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Clinical Epidemiology, Research Development, and Publication Unit (CRP) Fakultas Kedokteran Unhas menggelar webinar, Road to Publishing Your Paper: A Practical Approach. Sabtu, 29 Agustus 2020.

“Unit ini (CRP) kami dibuat di fakultas kedokteran masih sangat baru. Kira-kira pertengahan tahun 2019. Jadi baru satu tahunan umurnya. Unit ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas terutama publikasi dan penelitian di fakultas kedokteran. Ini semuanya untuk mendukung WCU world Class University Unhas,” terang dr Rina.

“Unit ini masih baru, namun Alhamdulillah sudah banyak kegiatan yang dilakukan, dan unit ini juga digerakkan oleh generasi muda. Jadi staf-staf dan dosen-dosen muda fakultas kedokteran yang merupakan peneliti unggul, baik yang masih atau sedang kuliah di luar negeri atau yang sudah pulang ke Indonesia,” lanjutnya.

Di unit CRP juga menyediakan layanan translation untuk membantu para peneliti yang terkendala dalam penggunaan bahasa. “Ada banyak yang bagus tulisannya tapi bahasa inggrisnya terkendala. Sehingga kami juga mempunyai unit translation yang bisa dipakai untuk melakukan translation maupun editing dan sebagainya,” katanya.

BACA JUGA :   Mahasiswa FKM Unhas Gelar Seminar Awal Tentang Kesehatan di Kelurahan Tumampua

dr Rina pun berharap  mendapat dukungan dan petunjuk dari pihak fakultas dan juga pihak universitas untuk pengembangan unit ini, sehingga dapat memajukan fakultas kedokteran dan tentu saja Universitas Hasanuddin.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FK Unhas, Prof dr Budu dalam sambutannya mewakili fakultas kedokteran mengucapkan terima kasih kepada rektor yang selalu memberikan dukungan dan dorongan kepada FK Unhas untuk semakin meningkatkan kinerja, khususnya di bidang penelitan dan publikasi

“Alhamdulillah pada bulan Agustus ini, kami sudah mencapai hampir 80 persen publikasi jurnal terindeks dari target yang tetapkan. Harapannya diakhir tahun 2020 ini, Insya Allah bisa mencapai 100 persen. Dengan acara hari ini, tentu semakin memberikan pengetahuan tentang tata cara penulisan karya ilmiah,” terang Prof dr Budu.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu dalam sambutannya sesaat sebelum membuka dengan resmi webinar tersebut mengungkapkan rasa syukurnya dan apresiasi setinggi-tingginya kepada fakultas kedokteran yang tetap berpikir bagaimana berkontribusi buat bangsa melalui karya-karya yang pada akhirnya juga mendongkrak institusi atau almamater.

BACA JUGA :   Pelaksanaan Seminar Awal Mahasiswa PBL I FKM Unhas Posko 20 di Kantor Kelurahan Mangallekana

“Ini kegembiran bagi kami, karena selama ini kita tahu, salah satu target universitas adalah peningkatan publikasi. Kita bersyukur di tanggal 17 agustus kemarin, pengumuman, Unhas masuk ranking tujuh seluruh perguruan tinggi di Indonesia, dan salah satu indikatornya adalah jumlah publikasi yang dihasilkan. Terima kasih untuk semuanya, sumber daya di Unhas. Terkhususnya dari fakultas kedokteran,” ungkap Rektor.

Rektor pun berharap selama tahun 2020 ini bisa menambah 1750 artikel yang terpublikasi.

Webinar yang dimoderatori oleh dr Diandra Sabrina Natsir Kalla itu diikuti lebih dari 400 partisipan dan menghadirkan tiga pembicara, yakni dr Gita Vita Soraya dengan materi: Writing and publishing your literature review; dr Aldian Irma Amaruddin dengan materi: Choosing the Right Journal and Publishing an Article; dan pemateri terakhir, dr Faqi Nurdiansyah Hendra dengan materi: Corresponding with Journal and Responding to Reviewers. (FP)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI