Doa Sahur dan Buka Puasa, Lengkap Latin dan Terjemahannya

FAJAR Pendidikan

Bulan Ramadan akan datang sebentar lagi. Pada bulan penuh berkah ini, umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari lamanya. Selama berpuasa, umat Muslim harus menahan haus dan lapar mulai dari waktu sahur hingga berbuka.

Tidak hanya menahan haus dan lapar, saat puasa umat Islam juga harus menahan segala hawa nafsu. Umat muslim juga disarankan untuk melakukan sejumlah amalan untuk menambah pahala di bulan suci ini.

Salah satu amalan yang bisa kamu lakukan saat menjalankan ibadah puasa terutama saat sedang menjalankan sahur adalah doa sahur puasa Ramadan. Doa sahur puasa Ramadan berbeda dengan niat puasa Ramadan.

Puasa Ramadhan wajib dilakukan umat Islam yang sudah berakal atau baligh, sehat, bukan musafir dan tidak sedang melakukan perjalanan jauh. Untuk seorang wanita, ada syarat tambahan yakni suci dari haid dan juga nifas.

BACA JUGA :   Syarat Hewan Kurban: Ketentuan, Dalil, dan Waktu Penyembelihan

Agar puasa dapat berjalan lancar dan diterima oleh Allah SWT, berikut doa sahur dan buka puasa yang sebaiknya diamalkan dengan baik.

Doa Sahur

Memulai puasa Ramadhan harus disertai dengan niat. Niat Puasa diucapkan saat sebelum matahari terbit atau saat malam hari.

Niat Puasa dan sekaligus doa sahur untuk Puasa Ramadhan ialah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta’aalaa.

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Doa sahur tersebut dapat diucapkan sebelum imsak.

Doa Buka Puasa

Buka Puasa Ramadhan juga harus disertai niat sebagai wujud nyata kita dapat bersyukur atas karunia dan nikmat yang kita dapatkan. Tidak hanya berupa makanan yang dapat kita santap saat berbuka tetapi juga berkah kesehatan sehingga kita dapat menikmati Ramadhan lagi.

BACA JUGA :   Hukum Kurban dalam Syariat Islam, Keutamaan dan Dalilnya

Berikut bacaan doa buka puasa yang diamalkan setiap berbuka puasa.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Demikian uraian singkat mengenai doa sahur dan buka puasa, semoga bermanfaat untuk mempertebal iman dan takwa Anda kepada Tuhan yang Maha Esa.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI