Dosen Unibos Kembangkan Peternakan Unggas Berbasis Agribisnis

Tim Dosen Universitas Bosowa (Unibos) lakukan Pengembangan peternakan unggas berbasis konsep agribisnis.

Dalam pengabdian masyarakat ini meliputi dari penyediaan bibit unggas hingga pemasaran hasil produksi unggas serta kegiatan yang memberikan nilai tambah hasil produksi unggas.

Tim dosen Unibos yang melaksanakan pengabdian masyarakat terdiri dari Dr Sukmawati, SE., MSi., Dr. Herminawaty Abubakar, SE., MM., Dr. Ir. Asmawati, MP., dan Dr. Muhtar Sapiri, MSi.

- Advertisement -

Dalam pelaksanaan ini di ikuti oleh, pelaku pemasaran produksi unggas, usaha mikro dan kecil, industri rumah tangga.

- Advertisement -

Kegiatan ini mengusung tema Pengembangan Agribisnis Peternakan Unggas di Desa Bulo Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan

BACA JUGA :   Pacu Profesionalitas UKM Pinisi Choir, Kepala Humas UNM Ajak Peserta Sukseskan PicoFest 2022

Herminawaty Abubakar menjelaskan tujuan dari pengabdian ini untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat khususnya peternak unggas di Desa Bulo bagaimana mengelola peternakan unggas berbasis agribisnis sehingga peternakan bisa unggul dan berkelanjutan.

“Kami melakukan Pendampingan tata kelola usaha menggunakan prinsip manajemen, pendampingan pemeliharaan unggas dan pemasaran hasil produksi unggas dan pelatihan pembuatan pakan ternak berbasis sumber daya lokal,” paparnya

Ia juga berharap peningkatan kualitas dan kuantitas produksi unggas serta peningkatan pendapatan peternak unggas juga memperkenalkan teknologi dalam mengelola peternakan.

BACA JUGA :   Korcam KKP 2022 Fisip Unismuh Makassar di Pangkep Rapat Kordinasi pada Kantor Camat Labbakkang

Kepala desa Bulo Andi Rifai, Shi. mengatakan kegiatan ini sangat berguna bagi masyarakat, karena selain menambah pengetahuan peternak unggas juga membuka peluang usaha hasil produksi unggas bagi masyarakat.

“Diharapkan kegiatan ini dapat dilanjutkan agar dapat mengembangkan perekonomian Desa Bulo,” harapnya.

Peternak Aan Marwan juga menuturkan kegiatan yang dilakukan oleh Dosen Universitas Bosowa memberikan manfaat yang besar bagi peternak unggas utamanya dalam mengelola usaha peternakan dan menambah pengetahuan peternak sehingga dapat meningkatkan pendapatan peternak unggas.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: