Hewan Herbivora , Ciri, Contoh, Nama, Gambar, Penjelasan, & Makanan

FAJAR Pendidikan

Hewan Herbivora , Ciri, Contoh, Nama, Gambar, Penjelasan, & Makanan, Herbivora merupakan salah satu pengelompokan hewan berdasarkan dari jenis makananya. Hewan yang termasuk dalam golongan herbivora yaitu adalah golongab hewan yang makanan utamanya adalah rumput.

Dilansir dari laman Materibelajar.co.id, Berikut ini penjelasan lengkap dari Hewan Herbivora , Ciri, Contoh, Nama, Gambar, Penjelasan, & Makanan. Simak di bawah ini :

Hewan Herbivora

Herbivora merupakan salah satu pengelompokan hewan berdasarkan dari jenis makananya. Hewan yang termasuk dalam golongan herbivora yaitu adalah golongab hewan yang makanan utamanya adalah rumput. Maka selain hewan yang memakan rumput tidak termasuk sebagai golongan hewan herbivora.

Ciri-ciri Hewan Herbivora

Untuk kita agar bisa membedakan hewan yang termasuk jenis herbivora atau bukan, kita bisa melihat ciri-cirinya berikut ini :

  • Rerumputan menjadi makanan utama dari hewan jenis herbivora.
  • Berkembang biak secara vivipar (beranak).
  • Kebanyakan hewan yang termasuk dalam hewan herbivora adalah hewan mamalia atau hewan menyusui.
  • Hidup secara berkelompok.
  • Sebagian dari hewan herbivora hidup di darat, karena sumber makan mereka berada di darat.
  • Golongan hewan yang berdarah panas
  • Mempunyai gigi geraham yang lebar.
  • Kebanyakan hewan herbivora yaitu berkaki empat.
  • Termasuk golongan hewan yang memiliki tulang belakang.
BACA JUGA :   Daur Hidup Nyamuk – Siklus, Fase, Urutan Cara Berkembang, & Gambar

Contoh Hewan Herbivora Dan penjelasannya

Berikut ini adalah beberapa hewan herbivora beserta nama ilmiahnya, penjelasan dan juga gambar :

Sapi

Hewan yang memiliki nama ilmiah Bos taurus ini adalah hewan yang tergolong sebagai hewan ternak yang sangat menjadi salah satu dari kebutuhan hidup manusia mulai dari dagingnya hingga susunya.

Sapi merupakan hewan pemakan tumbuhan yang gemar memakan rumput dan dedaunan. Oleh karena hewan yang satu ini memiliki pencernaan sistem yang baik dan sangat canggih yang memudahkan dalam mencerna berbagai macam rerumputan yang keras.

Kuda

Hewan yang memiliki nama ilmiah Equus caballus ini adalah jenis hewan yang cukup berperan penting dalam kehidupan manusia sejak dari bertahun-ahun yang lalu. Hewan yang satu ini tergolong dalam hewan yang cukup kuat karena mampu membantu manusia dalam mengangkut barang dan lainnya.

Jerapah

Hewan yang memmiliki nama ilmiah Giraffa Camelopardalis adalah hewan endemik Afrika yang berkuku genap. Hewan yang satu ini memiliki gelar sebagai hewan pemakan tumbuhan paling tinggi di dunia, ketinggiannya mencapai 5,5 meter dan beratnya 1365 kg. Ukuran jerapah jantan lebih besar dari ukuran jerapah betina, lehernya yang tinggi memudahkan jerapa memakan dedaunan dan tumbuh-tumbuhan dari pohon yang tinggi pula

BACA JUGA :   Klasifikasi Jamur, Pengertian, Ciri, Struktur dan Reproduksi

Tapir

Hewan yang memiliki nama ilmiah Tapirus ini adalah hewan pemakan tumbuhan yang saat ini termasuk dalam golongan hewan yang langka, karena semakin menyusutnya habitat hewan yang satu ini. Makanan utama dari tapir adalah dedaunan muda yang diambil dengan menggunakan lidahnya serta buah-buahan seperti semangka, nangka dan durian.

Gajah

Hewan yang memili nama ilmiah Elephas maximus ini tergolong hewan yang cerdas dan bertubuh besar. Hewan ini banyak tersebar dari wilayah Afrika , Asia Selatan hingga Asia Tenggara, gajah memiliki belalai yang digunakannya sebagai alat untuk mengambil makanan.

Biasanya, gajah Afrika makanannya tunas sedangkan gajah Asia adalah hewan pemakan rumput. hewan ini dapat mengonsumsi makanan hingga 160 kg dan 40 L air dalam satu hari.

Rusa

Hewan yang memiliki nama ilmiah Cervidae ini adalah merupakan hewan yang dikenal sebagai hewan yang bisa berlari dengan cepat dan baik karena memiliki kaki yang panjang. Selain itu rusa juga memiliki kemampuan dalam berenang dengan sangat baik dan bisa melompat dengan tinggi. Hewan pemakan tumbuhan ini memiliki tekstur gigi gerham yang rapat sehingga memudahkan untuk mencerna makanan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI