Minggu, Desember 5, 2021

Ini Link Downloand Daftar Peserta Lulus SKD CPNS Kemenkumham, Cek Segera!

Panitia seleksi CPNS di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah mengumumkan daftar peserta yang lulus SKD pada Kamis (18/11/2021). Dokumen daftar peserta yang lulus dapat di-download melalui tiga link yang disediakan oleh panitia seleksi, yaitu laman indeks CPNS Kemenkumham, Google Drive, dan Media Fire.

Ukuran file hasil SKD CPNS Kemenkumham cukup besar, sehingga peserta diberikan tiga alternatif link untuk mengakses dokumen tersebut.

Berikut daftar link untuk mengunduh daftar peserta yang lulus SKD CPNS Kemenkumham 2021:

Link Hasil SKD Kemenkumham 2021 via index CPNS Kemenkumham

Link Hasil SKD Kemenkumham 2021 via Google Drive

Link Hasil SKD Kemenkumham 2021 via Media Fire

Selain melalui ketiga link tersebut, peserta juga bisa mengakses hasil SKD CPNS Kemenkumham melalui sscasn.bkn.go.id dengan cara berikut: Buka link https://data-sscasn.bkn.go.id/skd Tulis “Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia” Klik tombol “Pengumuman” pada kolom Link Pengumuman Sistem akan otomatis membawa peserta ke laman tautan hasil SKD CPNS Kemenkumham 2021.

Hasil SKD CPNS Kemenkumham 2021 sebelumnya sempat mengalami penundaan selama empat hari dari jadwal awal. Berdasarkan jadwal tahap yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), hasil SKD CPNS di 25 kementerian seharusnya rilis pada 13 dan 14 November 2021.

Status Kelulusan Peserta SKD CPNS Kemenkumham 2021 Berdasarkan hasil pengumuman yang dirilis Kamis lalu, peserta akan menerima empat kode yang menunjukkan status kelulusannya.

Keempat kode tersebut adalah: P/L diberikan bagi peserta yang nilai SKD-nya memenuhi passing grade dan masuk dalam tiga kali jumlah kebutuhan jabatan sehingga berhak mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB); P diberikan bagi peserta yang nilai SKD-nya memenuhi passing grade namun tidak masuk dalam tiga kali jumlah kebutuhan jabatan sehingga tidak dapat mengikuti SKB; T/L diberikan bagi peserta yang nilai SKD-nya tidak memenuhi passing grade; TH diberikan bagi peserta tidak menghadiri ujian SKD.

Singkatnya, peserta yang dinyatakan lulus SKD dan berhak melanjutkan ke tahap SKB adalah peserta yang memperoleh status P/L. Peserta yang mendapat status selain P/L dinyatakan tidak lulus dan gugur pada tahap SKD.

Passing Grade Kelulusan SKD CPNS Kemenkumham 2021 Passing grade atau nilai ambang batas merupakan nilai minimal yang harus diperoleh peserta dalam ujian SKD CPNS 2021. Besaran passing grade untuk SKD di seluruh instansi, termasuk Kemenkumham ditetapkan dalam Keputusan Menteri PANRB No.1023 tahun 2021.

Besaran passing grade dibedakan berdasarkan pilihan formasi kebutuhan masing-masing peserta. Untuk kebutuhan umum ditetapkan untuk masing-masing tesnya, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sementara, besaran passing grade selain kebutuhan umum hanya ditetapkan untuk nilai total dan nilai TIU.

Artinya, peserta selain kebutuhan umum bisa dinyatakan mencapai passing grade dengan memperoleh nilai berapapun dalam TWK dan TKP, selama nilai TIU dan nilai total SKD mencapai ketentuan.

Berikut besaran passing grade SKD CPNS Kemenkumham 2021 Formasi Jabatan Passing Grade TWK TIU TKP Total SKD Kebutuhan Umum 65 80 166 311 Kebutuhan Khsus Disabilitas – 60 – 286 Kebutuhan Khusus Cumlaude – 85 – 311 Kebutuhan Khusus Diaspora – 85 – 311 Kebutuhan Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat – 60 – 286 Empat Tahap Tes dan Link Kisi-kisi SKB CPNS Kemenkumham 2021 Melalui Pengumuman Nomor: SEK-KP.02.01-740, panitia seleksi CPNS Kemenkumham 2021 menetapkan empat tahapan tes yang akan diujikan dalam SKB tahun ini.

Keempat tahapan tes tersebut meliputi: Tes kesamaptaan bagi peserta dengan kualifikasi pendidikan SLTA; SKB berbasis computer assisted test (CAT) bagi seluruh peserta non SLTA; Ujian praktik bagi peserta yang melamar jabatan pranata komputer dan dosen; Wawancara, pengamatan fisik, dan keterampilan bagi seluruh peserta.

Terkait dengan materi apa saja yang diujikan dalam SKB, peserta dapat mempelajarinya melalui kisi-kisi SKB CPNS 2021. Kisi-kisi tersebut ditetapkan dalam Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor: B/1625/M.SM.01.00/2021, yang dapat di-download pada link berikut: Link Download PDF Kisi-Kisi Materi Pokok SKB CPNS 2021 Jadwal dan Syarat Berkas SKB CPNS Kemenkumham 2021 SKB tes kesamaptaan CPNS Kemenkumham akan dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 26 November 2021.

Lalu, untuk SKB CAT akan dilaksanakan mengikuti jadwal dari BKN. Jika mengacu pada jadwal lanjutan yang ditetapkan oleh BKN beberapa waktu lalu, maka pelaksanaan SKB CAT CPNS Kemenkumham 2021 akan dilaksanakan pada 27 November hingga 18 Desember 2021. Sementara itu, selain tes kesamaptaan dan SKB CAT, belum ditetapkan tanggal pelaksanaannya. Informasi terkait jadwal dan lokasi pelaksanaan tes akan dirilis panitia seleksi CPNS Kemenkumham kemudian, melalui laman cpns.kemenkumham.go.id.

Sebelum melaksanakan SKB peserta diwajibkan memilih lokasi dan mencetak kartu peserta ujian di laman sscasn.bkn.go.id menggunakan akun masing-masing. Pemilihan lokasi ini dikhususkan bagi peserta dengan kualifikasi pendidikan Non SLTA, yaitu Dokter, S1, S2, dan D3.

Bagi peserta dengan kualifikasi pendidikan SLTA tidak perlu memilih lokasi karena ditentukan secara otomatis sesuai wilayah formasi. Peserta SLTA cukup mencetak kartu tanda peserta di SSCASN. Selain kartu peserta ujian, terdapat beberapa berkas lainnya yang dibutuhkan untuk mengikuti ujian SKB CPNS Kemenkumham 2021.

 

 

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI