ADV A1

Jumlah Pemain Sepak Bola dalam Satu Tim

FAJAR Pendidikan

Jumlah pemain sepak bola dalam satu tim dan aturan pergantian pemain telah diatur agar permainan mudah dikelola. Tim sepak bola dimainkan oleh dua tim, di mana masing-masing tim diperkuat dengan maksimal sebelas pemain.

Setiap tim sepak bola diperkuat oleh penjaga gawang, pemain bertahan, tengah dan depan. Pertandingan tidak boleh dimulai atau dilanjutkan jika salah satu tim memiliki kurang dari tujuh pemain, hal itu mengacu pada Law of the Game dan Rules dari Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

Jika sebuah tim hanya diperkuat kurang dari tujuh pemain karena salah satu pemain dengan sengaja meninggalkan lapangan permainan, wasit tidak wajib menghentikan permainan dan pertandingan dapat dilanjutkan. Akan tetapi, pertandingan tidak boleh dilanjutkan setelah bola keluar jika sebuah tim tidak memiliki jumlah minimal, yakni tujuh pemain.

Aturan lainnya, jika lima pemain dalam satu tim mendapat kartu merah di satu pertandingan, wasit wajib menghentikan permainan. Hanya saja, jika wasit mengusir empat pemain dalam satu, dan tersisa tujuh pemain dalam satu tim, permainan masih bisa dilanjutkan. Jumlah Pemain Sepak Bola.

BACA JUGA :   Ini Syarat Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2022

Sejarah Pergantian Pemain Sepak Bola

Pergantian pemain dalam sepak bola telah diatur agar pertandingan berjalan adil. Sepak bola sendiri dimainkan oleh 11 pemain dalam satu tim. Selain itu, sebuah tim sepak bola bisa memiliki pemain cadangan untuk menggantikan para pemain yang turun bertanding sejak pertandingan di mulai.

Saat ini, dalam situasi normal setiap tim hanya diperkenankan melakukan tiga pergantian pemain. Aturan pergantian pemain dalam sepak bola belum tercetus ketika olahraga ini ditemukan di Inggris pada pertengahan abad ke-19.

Namun, dalam sejarahnya sistem pergantian pemain dalam aturan sepak bola tidak terjadi begitu saja. Lantas bagaimana sejarah serta aturan pergantian pemain dalam sepak bola? berikut penjelasannya.

Terdapat sejarah panjang yang membuat aturan tersebut akhirnya dapat terbentuk. Bahkan pada 1950-an sistem pergantian pemain belum diberlakukan. Hingga akhirnya pada tahun 1965, Sepak bola Inggris memberlakukan peraturan pergantian pemain untuk yang pertama kalinya. Itupun hanya diperbolehkan satu kali jika ada pemain yang cedera.

BACA JUGA :   Ini Syarat Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2022

Yang mana pergantian pemain pertama kali dilakukan pada laga Bolton menghadapi Charlton pada 21 Agustus 1965. Saat itu, kiper Charlton, Mike Rose mengalami cedera dan terpaksa harus diganti.

Lima tahun berselang, aturan pergantian pemain mulai diadopsi oleh sejumlah liga sepak bola di dunia. Para pemain bisa digantikan dengan seseorang yang berada di bangku cadangan dengan catatan pemain tersebut mengalami cedera. Hal tersebut juga diterapkan pada ajang Piala Dunia Meksiko 1970.

Pada pertandingan sepak bola, pergantian pemain maksimal sebanyak tiga kali dalam sebuah pertandingan. Regulasi tersebut mulai diterapkan pada 1995, setelah aturan sebelumnya yang diperkenalkan pada 1970 hanya membatasi pergantian pemain sebanyak dua orang.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI