Keistimewaan dan Amalan Bulan Dzulhijjah

Ada banyak amalan yang bisa dikerjakan awal-awal Dzulhijjah menjelang Idul Adha. Tahun ini, pemerintah RI menetapkan Idul Adha 1445 H jatuh pada 17 Juni 2024.

Berikut adalah beberapa keistimewaan bulan Dzulhijjah :

1. Sepuluh Hari Pertama Dzulhijjah: Sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah dianggap sebagai hari-hari yang paling mulia dalam setahun. Amalan-amalan baik yang dilakukan pada hari-hari ini sangat dianjurkan dan mendapatkan pahala yang besar. Puasa, zikir, dan amal saleh lainnya sangat dianjurkan.

- Iklan -

Umat muslim ketika memasuki tanggal 1-7 Dzulhijjah dianjurkan untuk berpuasa :

Khusus 8 Dzulhijjah: Sabtu, 15 Juni 2024, Puasa Tarwiyah.

Sedangkan 9 Dzulhijjah: Minggu, 16 Juni 2024, Puasa Arafah.

- Iklan -

Dalam hadits dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda : “Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya dari pada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR Ahmad).

Baca Juga:  Renungan Harian Kristen, Selasa, 16 Juli 2024: Pemahaman dan Kesadaran akan Pengendalian Ilahi

2. Ibadah Haj : Puncak dari ibadah haji, salah satu dari lima rukun Islam, terjadi pada bulan Dzulhijjah. Jutaan umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Mekkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji, yang puncaknya adalah wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Hari Arafah : Tanggal 9 Dzulhijjah, yang dikenal sebagai Hari Arafah, adalah hari yang sangat penting. Umat Muslim yang tidak menunaikan haji dianjurkan untuk berpuasa pada hari ini karena pahala puasa Arafah dapat menghapus dosa-dosa tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang.

- Iklan -

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : “Puasa di hari Arafah, aku berharap kepada Allah bisa menghapus dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:  Hikmah Dibalik Ibadah Kurban

5. Idul Adha : Idul Adha atau Hari Raya Kurban dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Pada hari ini, umat Muslim menyembelih hewan kurban seperti kambing, sapi, atau unta untuk mengenang ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT.

Salah satu perintah berkurban terdapat dalam QS Al Kautsar ayat 2 : “Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

Takbir dan Dzikir : Selama bulan Dzulhijjah, terutama dari tanggal 9 hingga 13 Dzulhijjah, umat Muslim disunnahkan untuk memperbanyak takbir, tahmid, & tahlil. Ini adalah waktu untuk memperbanyak mengingat Allah & bersyukur atas nikmat-Nya.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU