SD Inpres Madello terlihat lihat indah seteleh direhab namun kekurangan guru kelas.

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Sejumlah sekolah di Kabupaten Barru kekurangan guru sehingga proses belajar mengajar yang seharusnya berjalan efektip, mengalami kendala.

Sebut saja SD Inp Lipukasi, Tanete Rilau dan SD Inp Madello Kecamatan Balusu yang kini membutuhkan beberapa guru PNS untuk menjadi wali kelas.

Kepala sekolah SD Inp Lipukasi, Salma Nur S Pd M Pd mengaku kekurangan guru kelas karena tiga guru PNS yang dimiliki sebelumnya telah terangkat menjadi kepala sekolah. “Kami kekurangan dua guru kelas dan satu guru olahraga karena guru tersebut sudah menjadi kepala sekolah,” ungkapnya.

Untuk mengatasi kekurangan guru kelas lanjut Salma Nur, pihaknya memberdayakan guru honorer membantu mengajar sebagai guru kelas dan mengharap ada pengisian guru kelas di sekolahnya dalam waktu dekat saat mutasi dan pemerataan guru nantinya.

Salma Nur, S.Pd M.Pd, kepala SD Inpres Lipukasi.

Hal yang sama juga dialami SD Inp Madello, bahkan sekolah yang baru direhab itu tak satupun guru kelas berstatus PNS sehinga guru honorer dan operator telah diberdayakan membantu mengajar di kelas.

Baca Juga :   Hebat, DPMPTSPTK Barru Meraih PTSP Terbaik Pada Jambore PTSP se-Sulsel

Kepala SD Inpres Madello Hj Asriani S Pd mengatakan, saat ini sekolahnya sangat membutuhkan sejumlah guru kelas. “Karena tak satupun guru kelas berstatus PNS terlebih sekolahnya sudah diperbaiki dan kelihatan indah sehingga siswa sangat antusias mengikuti proses pembelajaran oleh guru,” kata Asriani.

Reporter: Rustam.